PASCA MELAHIRKAN
12 Desember 2017

Moms Tidak Sendirian, 4 Kecemasan Ini Biasanya Dialami Orang Tua Baru

Calon ibu harus memperhatikan ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Akan selalu ada waktu pertama kali dalam setiap momen kehidupan. Sebagai manusia pasti akan ada kecemasan di dalam benak diri. Namun, hal itu dapat dilewati ketika kita melalui proses belajar bagaimana cara untuk menghadapinya.

Begitu pula yang dialami oleh orangtua baru, pasti akan dihampiri kecemasan ketika memasuki tahap di mana Moms harus bersikap lebih dewasa dan bijak dalam menghadapi setiap momen yang akan dilalui oleh keluarga kecil. Berikut adalah 4 kecemasan yang biasanya dialami oleh orangtua baru:

Belum Mengerti Cara Mengurus Anak

Sebagai orangtua baru, Moms pasti akan merasa awam dalam mengurus buah hati. Ketika harus bangun tengah malam karena si kecil menangis, apakah bayi Moms lapar atau gelisah, bagaimana cara mendidik anak dengan benar, semua itu pasti akan terasa baru bagi Moms dan pasangan.

Namun, percayalah. Seiring waktu, Moms akan menemukan jiwa sebagai orangtua dan mengerti apa yang harus dilakukan ketika tantangan-tantangan itu datang. Yang Moms perlukan adalah luangkan waktu untuk belajar, bisa dengan mencari tahu melalui buku-buku parenting ataupun bertanya pada orang yang sudah pengalaman, salah satunya sudah pasti orangtua Moms sendiri.

Baca Juga : 4 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Orang Tua Saat Berikan Obat Ke Balita

Masa Depan Anak

Setiap orangtua pasti ingin mendidik anaknya dengan baik dan menjadi orangtua terbaik bagi anaknya. Oleh karena itu, banyak juga orangtua yang mulai memberikan edukasi yang bertujuan agar anak tumbuh menjadi cerdas dan memiliki masa depan cerah.

Hal ini sama sekali tidak salah dalam tujuannya, namun yang perlu dicermati adalah Moms juga harus memerhatikan kesehatan psikologis pada anak. Jangan sampai justru membuat orangtua dan anak menjadi tertekan karena ambisi Moms untuk menjadi orangtua yang sempurna.

Saling Menyalahkan

Hal ini disebabkan ketika Moms atau pasangan merasa mendapat pembagian tugas yang tidak adil. Misalnya, ketika malam saat anak menangis yang bangun adalah istri dan suami tidur nyenyak, saat popoknya kotor suami hanya menyuruh istrinya untuk mengganti popok bayi dengan yang baru, dan ketika ada kesalahan pada anak mereka akan saling menyalahkan satu sama lain. Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi jika pasangan jika keduanya menjalankan peran sebagai orangtua yang baik.

Dilema Pekerjaan

Kebimbangan ini sering dialami oleh wanita karir yang sudah menikah dan memutuskan untuk punya anak. Ketika memasuki masa kehamilan biasanya sudah terpikirkan untuk tetap bekerja dan menyerahkan urusan anak pada orang lain atau mengurus keluarga dan rumah tangga sendiri. Sebaiknya diskusikan ini dengan pasangan Moms agar tidak saling menyalahkan ketika masalah keuangan dan kebutuhan keluarga kecil Moms datang.

Menjadi orangtua memang tidak mudah, perlu pertimbangan yang matang dalam setiap pengambilan keputusan dan harus disepakati oleh kedua belah pihak. Namun, jangan membuat hubungan dalam keluarga menjadi tidak harmonis, kuatkan prinsip untuk tetap saling menjaga keutuhan ruma tangga. Kuncinya adalah untuk selalu berkomunikasi dan berdiskusi guna mendapatkan solusi terbaik untuk tantangan menjadi orangtua.

(DA)

Foto: huffingtonpost

Artikel Terkait