DI ATAS 5 TAHUN
12 Maret 2019

4 Kendala Yang Sering Ditemui Anak Saat Belajar Bahasa Asing

Kenali kendalanya agar tidak menghambat kemajuan belajar anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Sudah tahu kan Moms, kalau ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila anak belajar bahasa asing sejak kecil?

Menurut American Council on the Teaching of Foreign Language, belajar bahasa asing akan meningkatkan kemampuan kognitif, menambah daya saing anak, juga menumbuhkan rasa toleransi dan empati pada keragaman budaya yang berbeda.

Agar kemajuannya semakin pesat, Moms perlu membantu buah hati mengatasi 5 kendala anak belajar bahasa asing berikut ini:

Baca Juga : Ternyata Ini 6 Penyebab Anak Zaman Sekarang Lebih Senang Menggunakan Bahasa Inggris

1. Tidak Memahami Tata Bahasa

4 kendala yang sering ditemui anak saat belajar bahasa asing 1
Foto : Medicalxpress.com

Banyaknya aturan dan teori tata bahasa yang harus diingat, dilatih, dan dikuasai seringkali jadi penghambat kemajuan anak belajar bahasa asing.

Untuk membantu mengatasi kendala anak belajar bahasa asing ini, Moms cukup mengulang kalimat dengan tata bahasa yang benar saat Si kecil melakukan kesalahan.

Agar koreksi lebih mudah diterima, simpan dulu diskusi tentang kesalahan tata bahasa tadi untuk waktu lain saat Si kecil sedang tidak berlatih ya, Moms.

2. Hanya Mahir Dalam Tulisan

4 kendala yang sering ditemui anak saat belajar bahasa asing 2
Foto : Kidsinthehouse.com

Kemampuan bahasa asing anak di atas kertas mungkin sudah cukup baik, tapi bagaimana dengan pengucapan lisan serta kemampuan mendengarnya?

Sudah bukan rahasia kalau banyak anak yang dinilai pandai dalam berbahasa asing ternyata mengalami kesulitan saat harus melakukan percakapan dengan penutur asli.

Atasi kendala anak belajar bahasa asing ini dengan mendorong anak untuk menggunakannya dalam keseharian, menonton film dalam bahasa yang sedang dipelajarinya, atau berinteraksi dengan aplikasi Siri, Alexa, maupun Google Assistant.

Baca Juga : 5 Bahasa Asing yang Paling Sulit Dipelajari

3. Kosakata Terbatas

4 kendala yang sering ditemui anak saat belajar bahasa asing 3
Foto : Helendoron.com

Salah satu kendala yang umum dihadapi anak saat belajar bahasa asing di kelas atau melalui aplikasi online adalah kosakata yang terbatas untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Bila melihat Si kecil menemui kendala ini, Moms bisa dorong anak untuk banyak menonton film atau lagu dalam bahasa asing yang sedang dipelajarinya.

Selain akan menambah kosakatanya, cara menyenangkan ini secara tidak langsung membantu anak belajar tentang idiom dan slang atau bahasa pergaulan.

4. Kurang Dukungan Dari Lingkungan Sekitar

4 kendala yang sering ditemui anak saat belajar bahasa asing 4
Foto : Raisingchildren.net.au

Yang tidak kalah penting saat anak belajar bahasa asing adalah menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk berani mencoba meski kemampuannya masih jauh dari sempurna.

Sayangnya, seringkali Si kecil tidak mendapatkan cukup dukungan dari orang di sekitar untuk membantu anak berlatih dan mengasah kemampuan bahasa asingnya.

Selain itu, anak juga bisa kehilangan kepercayaan diri untuk belajar bahasa asing karena sering dicemooh bila salah atau dianggap sok saat mempraktekkannya.

Jadi, terus dukung Si kecil dengan membantu berlatih dan menyediakan fasilitas agar kemajuan belajar bahasa asing anak semakin pesat ya, Moms.

Menurut Moms, bahasa asing apa yang paling penting untuk dipelajari anak saat masih kecil?

(WA)

Artikel Terkait