DI ATAS 5 TAHUN
15 Juni 2019

4 Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Moral yang Baik

Jangan lupa beri contoh yang baik juga kepada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Orang tua mana yang tidak ingin punya anak yang tumbuh menjadi pribadi jujur dan punya moral yang baik. Kelak, kejujuran dan moral yang baik akan menjadi kunci yang akan mengantar anak ke jalan kesuksesan.

Mendidik anak agar jujur dan memiliki moral yang baik harus dilakukan sedini mungkin.

Dikutip dari Livestrong.com, ada empat langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik. Apa saja cara mendidik anak agar memiliki moral yang baik? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga : 5 Perilaku Menyebalkan Balita yang Justru Bermanfaat untuk Tumbuh Kembangnya

1. Tentukan Nilai Moral yang Ingin Ditekankan

171283489 56a36fb83df78cf7727d5e22

Foto: verywellfamily.com

Tentukan moral yang Moms rasa paling penting. Setiap orang tua ingin anaknya jujur, welas asih, baik hati, penuh hormat, bertanggung jawab, dan murah hati.

Namun, terlalu banyak nilai moral yang diajarkan dalam satu waktu bisa jadi akan membingungkan Si Kecil dan menyulitkan Moms menentukan cara mendidik anak. Pilihlah satu per satu nilai moral untuk dipelajari Si Kecil hingga dia paham betul.

2. Bantu Arahkan Anak

Anak-anak perlu didorong untuk memahami maksud dari nilai moral ingin Moms terapkan.

Minta mereka untuk menggunakan perasaan dan tanggung jawab dalam menjalankan setiap keputusan dan pilihan. Arahkan mereka untuk selalu mengambil keputusan yang tidak melanggar moral.

Misalnya Si Kecil ingin mengambil barang milik temannya. Mintalah Si Kecil menempatkan dirinya sebagai orang yang diambil barangnya. Mereka akan berpikir dan menggunakan perasaan mereka.

Baca Juga : Anak Berperilaku Aneh, Apakah Dia Mengidap Autis?

3. Ingatkan Konsekuensi dari Perbuatannya

158

Foto: plusparenting.com

Berilah penjelasan kepada anak tentang konsekuensi dari perbuatan yang tidak sesuai dengan moral. Ini adalah cara mendidik anak sehingga mereka bisa melihat akibat dari tindakan yang mereka ambil.

Misalnya, jika anak-anak terus-menerus berkelahi dengan teman-teman, perhatikan bahwa suatu hari teman-teman mereka mungkin tidak ingin bermain dengan mereka.

Jika anak-anak ketahuan berbohong, Moms bisa menjelaskan kepada mereka bahwa orang lain akan meragukan cerita mereka.

Jangan lupa, ajarkan mereka juga bahwa moral yang baik juga memiliki konsekuensi yang baik.

Selalu bertanggung jawab berarti seseorang dapat meminta bantuan mereka, dan selalu baik pada mereka untuk lebih banyak teman untuk bermain bersama.

Baca Juga: Nilai Moral di Balik Film Superhero

4. Berikan Contoh yang Baik

Hal terakhir dan terpenting yang wajib dilakukan orang tua adalah memberikan contoh yang baik dan benar kepada anak mereka terkait moralitas.

Jika Moms mencoba untuk mengajarkan moral anak-anak sambil menunjukkan hal-hal yang berbeda dari pesan moral itu, anak tentu akan kebingungan.

BabyCenter.com mencatat bahwa penting untuk menunjukkan moralitas kepada anak-anak.

Itulah beberapa cara mendidik anak yang bisa Moms tiru dalam mengajarkan kejujuran dan nilai moral kepada Si Kecil. Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait