FASHION & BEAUTY
19 Mei 2020

4 Langkah Prosedur Veneer Gigi yang Patut Dicoba

Untuk meningkatkan estetika dan perlindungan gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika tertarik menggunakan veneer gigi, di bawah ini ada beberapa prosedur veneer gigi yang perlu diketahui.

Lapisan gigi adalah cangkang tipis berwarna gigi yang melekat pada permukaan depan gigi untuk memperbaiki penampilannya. Mereka seringnya terbuat dari porselen atau bahan resin-komposit dan terikat secara permanen ke gigi.

Berdasarkan jurnal U.S. National Library of Medicine, veneer dapat digunakan untuk mengobati sejumlah masalah penampilan gigi yang berbeda, termasuk gigi yang retak, patah, berubah warna, atau lebih kecil dari rata-rata.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Balita Rewel Karena Tumbuh Gigi

Beberapa orang mungkin hanya mendapatkan satu veneer gigi jika kasus yang dialami adalah gigi patah atau pecah, tetapi banyak yang mendapatkan enam hingga delapan veneer gigi untuk menciptakan senyum simetris yang rata.

Prosedur Veneer Gigi

veener gigi

Foto: rozenbergdentalnyc.com

Untuk melakukan veneer gigi, kita harus setidaknya 3 kali mengunjungi dokter gigi. Pertama untuk konsultasi, kedua untuk membuat dan menerapkan veneer gigi. Satu gigi atau banyak gigi dapat secara bersamaan menjalani proses pelapisan.

1. Diagnosis dan Perencanaan Perawatan

Langkah pertama ini melibatkan partisipasi aktif kita. Jelaskan kepada dokter gigi hasil yang diinginkan.

Selama itu, dokter gigi akan memeriksa gigi kita untuk memastikan veneer gigi sesuai untuk kita dan mendiskusikan prosedur apa yang akan dilakukan dan apa saja batasannya. Ia juga mungkin melakukan rontgen pada mulut dan gigi.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Behel

2. Persiapan

Dalam mempersiapkan veneer gigi, dokter gigi akan membentuk kembali permukaan gigi, yang jumlahnya hampir sama dengan ketebalan veneer yang akan ditambahkan ke permukaan gigi.

Sebelum memotong enamel, kita dan dokter gigi akan memutuskan perlunya anestesi lokal untuk mematikan indera perasa di daerah tersebut.

Selanjutnya, dokter gigi akan membuat model atau bentuk gigi. Model ini dikirim ke laboratorium gigi, yang kemudian membentuk lapisan.

Biasanya diperlukan 2-4 minggu bagi dokter gigi untuk menerima veneer kembali dari laboratorium.

3. Penyatuan

Sebelum veneer gigi disemen secara permanen pada gigi, dokter untuk sementara waktu akan mencocokkannya di gigi untuk memeriksa kecocokan dan warna.

Ia akan berulang kali melepas dan memotong veneer sesuai kebutuhan untuk mencapai kecocokan yang tepat; warna veneer dapat disesuaikan dengan warna semen yang akan digunakan.

Selanjutnya, untuk mempersiapkan gigi menerima veneer, gigi kita akan dibersihkan terlebih dahulu, dipoles, dan dietsa - yang membuat gigi menjadi kasar untuk memungkinkan proses penyatuan yang kuat.

Baca Juga: Membersihkan Karang Gigi pada Anak? Ini Caranya!

Semen khusus diterapkan pada veneer dan veneer kemudian ditempatkan pada gigi.

Setelah posisinya sudah benar, dokter gigi akan menggunakan sinar khusus yang diarahkan ke veneer gigi, untuk mengaktifkan bahan kimia dalam semen, membuatnya mengeras dan menempel.

Langkah terakhir mengeluarkan semen berlebih, mengevaluasi gigitan dan membuat penyesuaian akhir dalam veneer gigi.

4. Kontrol

Dokter gigi mungkin akan meminta kita untuk kembali melakukan kontrol beberapa minggu setelah pemasangan untuk memeriksa bagaimana gusi merespons kehadiran veneer dan untuk sekali lagi memeriksa penempatan veneer.

Apakah Moms sudah siap melakukan veneer gigi?

Baca Juga: Simak 6 Tips Mengajak Anak ke Dokter Gigi untuk Pertama Kali Agar Menyenangkan!

Artikel Terkait