KEHAMILAN
10 Juni 2020

Persalinan Semakin Dekat, Konsumsi 4 Makanan Ini Agar Mudah Melahirkan

Makanan ini bantu menambah energi yang Moms butuhkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebentar lagi waktu persalinan akan semakin dekat, Moms mungkin sudah menyiapkan jiwa dan raga untuk bersiap-siap menyambut kedatangan Si Kecil ke dunia.

Selain perlu membawa barang-barang yang diperlukan saat persalinan nanti, Moms juga harus mengonsumsi makanan agar memudahkan proses melahirkan, sekaligus memberikan banyak asupan kalori.

Menurut American Society of Anesthesiologists (ASA), persalinan adalah pekerjaan fisik yang berat, dan wanita bisa membakar banyak kalori selama proses persalinan berjalan.

Baca Juga: Pilihan Makanan setelah Melahirkan yang Bisa Moms Konsumsi

Jenis Makanan Agar Mudah Melahirkan

Dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, diperkirakan proses persalinan bisa membakar hingga 100 kalori per jam. Karena itu, penting memerhatikan asupan makanan sebelum dan sesudah melahirkan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar mudah dalam melahirkan.

1. Konsumsi Cukup Protein

makanan agar mudah melahirkan-protein

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan mengonsumsi beberapa sumber protein yang cukup selama proses melahirkan. Beberapa pilihan sumber protein terbaik yaitu:

Telur tidak hanya mengandung protein, tetapi juga lemak omega-3. Studi pada jurnal Depression Research and Treatment, menemukan adanya hubungan antara kadar omega-3 rendah dengan depresi pascapersalinan.

Baca Juga: Sebelum Ibu Hamil Minum Protein Shake, Tanyakan 4 Hal Penting Ini!

2. Makan Karbohidrat Kompleks

makanan agar mudah melahirkan-gandum

Foto: Orami Photo Stock

Karbohidrat kompleks memberikan asupan serat dan karbohidrat yang membantu membuat Moms menjadi lebih bertenaga. Beberapa contoh karbohidrat kompleks seperti:

  • Roti atau biskuit gandum
  • Pasta gandum
  • Beras merah
  • Oatmeal

Moms juga dapat memadukannya dengan sumber protein untuk mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

3. Pilih Minuman Elektrolit Tinggi

makanan agar mudah melahirkan-miuman elektrolit

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya mengonsumsi makanan agar mudah melahirkan, tetap penting menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi, meskipun dokter mungkin akan sering mengandalkan cairan infus.

Untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi, Moms dapat mengonsumsi air kelapa sebagai minuman dengan kadar elektrolit tinggi.

"Air kelapa adalah minuman super yang memberikan asupan elektrolit yang dibutuhkan. Kemas minuman ini pada botol sehingga lebih mudah untuk diminum selama proses persalinan," jelas Sharon Muza, LCCE, FACCE, doula bersertifikat di Seattle, mengutip Very Well Family.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kelapa untuk Ibu Hamil, Penuh Khasiat!

4. Buah Segar Sebagai Camilan Bernutrisi

makanan agar mudah melahirkan-buah segar

Foto: Orami Photo Stock

Ketimbang mengonsumsi camilan manis, Moms dapat menggantinya dengan buah segar yang dapat memberikan asupan nutrisi sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Sharon menuliskan beberapa buah-buahan segar yang bisa Moms pilih utnuk membantu proses persalinan, seperti:

  • Buah beri
  • Anggur
  • Melon
  • Pisang

Jika Moms merasa terlalu sulit untuk mengunyah, Moms bisa membuat buah-buahan ini menjadi smoothie yang menyegarkan. Tetapi, ingat untuk tidak menambahkan pemanis seperti madu atau gula secara berlebihan, ya.

Nah, itu dia Moms, makanan yang bisa dikonsumsi agar mudah melahirkan. Semoga proses persalinan berlangsung lancar dari awal hingga akhir ya, Moms.

Artikel Terkait