KEHAMILAN
10 Juni 2020

4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan

Mual muntah merupakan kondisi yang wajar terjadi pada ibu hamil, lalu adakah makanan untuk mual saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Seorang wanita yang sedang hamil akan ada saatnya mengalami mual dan muntah.

Dilansir dari American Pregnancy Association, mual saat hamil paling umum dirasakan saat trimester pertama atau hamil muda.

Keluhan ini paling sering dikenal dengan istilah morning sickness yang dialami hampir semua ibu hamil pada trimester pertama.

Makanan untuk Mual Saat Hamil

Kondisi seperti ini tentu tidak membuat nyaman hingga hilang nafsu makan, tetapi Moms tetap harus mengonsumsi makanan demi menjaga kesehatan.

Berikut ini merupakan makanan untuk mual saat hamil.

1. Buah-Buahan

4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan 4.jpg

Foto: freepik.com

Saat hamil muda atau trimester pertama, organ-organ vital janin sedang terbentuk, dimana seorang ibu harus dapat memastikan mengonsumsi makanan yang sehat dan mencukupi nutrisinya.

Menurut seorang dokter di Massachusetts General Hospital, Riley Laura, MD., merekomendasikan pilihan makanan bagi ibu-ibu yang sedang menginjak trimester pertama.

Buah-buahan menjadi salah satu makanan untuk mual saat hamil.

Moms dapat mengonsumsi pisang yang kaya akan vitamin B6, apel dengan serat tingginya, dan lemon dengan aroma menyegarkan untuk meredakan mual dan muntah saat hamil.

Selain itu, Moms juga dapat mengonsumsi pepaya yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Terletak pada getah lateks pada buah pepaya yang dapat mengatasi mual dan muntah.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

2. Yogurt

4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan 2.jpg

Foto: dailymail.co.uk

Makanan untuk mual saat hamil berikutnya adalah yogurt yang terdapat probiotik di dalamnya berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus.

Saat sedang hamil, bakteri dan ragi dalam usus besar akan terus meningkat. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Kondisi inilah yang menyebabkan seorang wanita sedang hamil mengalami mual dan muntah.

Yogurt bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk mual saat hamil karena bakteri di dalamnya dapat menenangkan perut.

Ada baiknya Moms mengonsumsi yang alami dan organik.

3. Almond

4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan 3.jpg

Foto: freepik.com

Almond bukan hanya menjadi cemilan sehat ibu hamil, namun juga termasuk makanan untuk mual saat hamil, terutama pada pagi hari.

Kandungan protein nabati yang tinggi dalam almond berfungsi mencegah kondisi lemah, meningkatkan stamina tubuh, serta menjaga janin dalam kandungan tetap terjaga dan sehat.

Vitamin E yang terkandung dapat membentuk sel kulit dan rambut pada bayi, serta kalsium yang terkandung dapat meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi.

Lalu yang paling penting bagi ibu hamil, almond dengan riboflavin yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil, serta tidak mudah mengalami depresi berlebih.

Baca Juga: Manfaat Almond Untuk Bayi, Simak ya Moms!

4. Sayuran

4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan.jpg

Foto: freepik.com

Selain menyehatkan, sayuran menjadi makanan untuk mual saat hamil.

Agar tidak mudah bosan mengonsumsi sayur-sayuran, Moms dapat mengonsumsi variasi dari sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, terong, wortel, kacang panjang, labu siam, selada, mentimun, kenikir, katuk, dan masih banyak jenisnya.

Moms dapat mengkombinasikan sayurannya, seperti mencampurkan bayam dengan wortel atau kentang untuk mencegah perut yang tak nyaman setelah mengalami mual dan muntah.

Nah, jika Moms mengalami mual dan muntah yang hebat selama kehamilan, makanan untuk mual saat hamil di atas bisa dikonsumsi atau diolah sesuai keinginan Moms. Selamat mencoba!

Baca Juga: Stop Mual Saat Hamil. Ini Super Food yang Wajib Moms Konsumsi di Masa Kehamilan

Artikel Terkait