BALITA DAN ANAK
23 Mei 2019

4 Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis

Makanan yang tepat bisa bantu redakan sinusitis anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla

Diantara berbagai kondisi yang bisa menyebabkan anak menderita sinusitis, menurut Dr. Laura Martin dari Emory University School of Medicine, tiga penyebab yang paling umum ditemui adalah flu, rinitis alergi, dan polip nasal.

Hidung tersumbat karena jaringan halus dalam hidung meradang dan membuat lendir kental menumpuk di rongga sinus bukan hanya membuat anak sulit bernapas, tapi juga sulit berkonsentrasi saat belajar karena sakit kepala.

Berita baiknya, sebagian besar kasus anak menderita sinusitis bisa diredakan secara alami dengan minum banyak air putih dan konsumsi makanan yang tepat.

Ini lho Moms, beberapa makanan anak sinusitis yang bisa Moms berikan untuk membantu meredakan peradangan dan tekanan di kepala, sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

1. Makanan Kaya Omega-3

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis 1.jpg

Foto: Medicalnewstoday.com

Dalam studi yang dirilis jurnal National Center for Biotechnology Information, disebutkan kalau konsumsi makanan kaya omega-3 dapat membantu meredakan peradangan sekaligus melembabkan lapisan dalam saluran hidung.

Selain dari ikan salmon, tuna, sarden, dan patin, omega-3 untuk makanan anak sinusitis juga bisa Moms dapatkan dari telur, minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan, atau flaxseed.

Baca Juga: Kaya DHA dan Omega-3, Ini Panduan Konsumsi Seafood saat Hamil

2. Sayuran dan Buah Berwarna

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis 2.jpg

Foto: Kindercare.com

Saat anak menderita sinusitis, menambahkan sayuran dan buah berwarna seperti bit, wortel, tomat, brokoli, ceri, jeruk, atau kacang merah yang mengandung karotenoid dan flavonoid akan membantu meredakan peradangan pada saluran hidung.

Sayuran dan buah berwarna juga umumnya mengandung kalsium dan vitamin C, yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta meredakan peradangan, hidung berair, dan bersin akibat paparan alergen.

3. Rempah

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis 3.jpg

Foto: Tallypress.com

Selain bikin rasa makanan jadi lebih lezat, menambahkan sedikit rempah ke dalam makanan anak sinusitis juga bisa membantu meredakan gejala yang mengganggu lho, Moms.

Rempah seperti jahe dan basil bisa mengencerkan lendir dan menstimulasi sinus agar aliran udara lebih lancar. Jahe, cabai, dan lada hitam juga mengandung [6]-Gingerol yang memiliki khasiat anti-radang.

Moms juga bisa menambahkan bawang putih atau kunyit yang berkhasiat mengurangi peradangan dan mengandung enzim alami pembasmi bakteri dan virus.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-rempah untuk Tubuh

4. Cairan

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Anak Yang Menderita Sinusitis 4.jpg

Foto: Blog.matchazentea.com

Asupan cairan juga penting untuk melengkapi makanan anak sinusitis.

Karena tubuh anak yang terhidrasi dengan baik akan mendorong sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif untuk memerangi infeksi.

Selain air putih, cairan hangat seperti kaldu bening dan teh juga baik untuk membuat hidung terasa lebih lega sekaligus meredakan sakit kepala.

Jangan lupa Moms, saat anak menderita sinusitis hindari makanan berlemak, berkadar gula tinggi, makanan olahan yang tinggi MSG, dan makanan berpati.

Juga susu, produk olahan susu, minuman bersoda, dan minuman berkadar gula tinggi.

Nah, apa Moms tahu cara alami untuk melegakan hidung yang tersumbat karena sinusitis?

(WA/CAR)

Artikel Terkait