3-5 TAHUN
15 April 2020

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita

Kandungan air dan nutrisi dalam semanngka baik untuk kesehatan balita.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Dina Vionetta

Meski lebih dikenal sebagai buah dengan kandungan air tinggi, rupanya berbagai manfaat semangka untuk balita juga datang dari aneka vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Dengan tekstur buah yang lumer tanpa harus banyak dikunyah, semangka sudah bisa Moms berikan pada balita sejak usia 6-8 bulan. Namun, pastikan buah semangka yang diberikan sudah bebas dari biji ya, Moms.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Manfaat Buah Semangka untuk Balita

Yuk Moms, simak dulu berbagai manfaat yang akan dirasakan tubuh balita bila rutin makan semangka.

1. Mencegah Dehidrasi

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 1.jpg

Foto: freepik.com

Seperti yang Moms tahu, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa mengganggu kesehatan serta kelancaran fungsi berbagai organ tubuh balita yang sedang berkembang.

Sekitar 92% komposisi semangka adalah air, sehingga cocok dijadikan alternatif sumber cairan dan camilan yang lebih sehat untuk balita dibandingkan dengan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung gula.

Selain akan membuat tubuhnya lebih segar di musim panas, Moms juga bisa memberikan semangka saat Si Kecil sedang diare atau demam, sehingga terhindar dari dehidrasi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 2.jpg

Foto: freepik.com

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin A, sebuah mikronutrien esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Mengutip artikel yang ditulis oleh profesor Clare Gilbert, optamologis dan peneliti dari International Eye Health Center, mengonsumsi cukup vitamin A dapat mendukung kesehatan mata serta membantu kekuatan penglihatan mata dalam kondisi minim cahaya.

Vitamin A juga berperan penting proses pergantian sel kulit setiap harinya, sehingga Si Kecil bisa memiliki kulit yang sehat, kenyal, dan kuat.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

3. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 3.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat semangka untuk balita lainnya datang dari kandungan vitamin C dan lycopene, dua antioksidan kuat yang berperan penting dalam memerangi radikal bebas serta fungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam National Institutes of Health, kandungan lycopene dalam semangka juga sangat baik untuk menghentikan peradangan, melindungi kesehatan jantung, juga mencegah asma.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Saraf

4 Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh Balita 4.jpg

Foto: freepik.com

Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini juga rupanya mengandung berbagai mineral yang penting untuk tubuh lho, Moms.

Ada kandungan potassium yang membantu menjaga tekanan darah, mangan yang berperan penting dalam pengaturan dan fungsi otak serta sistem saraf, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang serta kesehatan jantung, otot, dan saraf.

Tidak disangka, ternyata ada begitu banyak manfaat semangka untuk balita ya, Moms. Namun untuk hasil yang maksimal, tetap harus didukung dengan asupan nutrisi lain dari pola makan yang sehat.

Nah, apa Moms punya resep lezat berbahan semangka yang cocok untuk dimakan balita?

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Semangka Saat Hamil, Bisa Atasi Mual Lho!

Artikel Terkait