KESEHATAN
8 November 2019

4 Manfaat Kesehatan Cuka Apel untuk Bayi, Simak di Sini!

Bisa membantu melegakan pernapasan anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ternyata, manfaat kesehatan cuka apel untuk bayi juga besar. Sekarang ini, cuka apel banyak digunakan Moms untuk bayinya.

Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki banyak manfaat untuk bayi dan anak-anak.

Hidup seorang perempuan akan berubah drastis saat sudah memiliki anak. Kehidupan kita pasti akan berputar di sekitar Si Kecil saja. Di tahun pertama kehidupan anak, Moms pasti akan melihat setiap gerakan si buah hati.

Sementara itu, kita juga akan membaca dan mencari informasi yang banyak tentang bayi. Seperti apa yang harus dimakan bayi, cara meningkatkan keterampilan motoriknya, cara membantu anak berbicara, dan lainnya.

Baca Juga: Cuka Apel untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Caranya?

Sangat normal bagi orang tua untuk mempertanyakan setiap hal di sekitar mereka, dan mempertimbangkan apa yang baik untuk si buah hati. Termasuk soal asupan makanan.

Jika bingung apa manfaat kesehatan cuka apel yang dapat diberikan pada bayi, yuk kita cari tahu Moms.

1. Mengurangi Eksim

manfaat cuka apel untuk bayi

Foto: momjunction.com

Dilansir dari situs NationalEczema.org, mencampur cuka apel dengan air yang cukup, bisa membantu menghasilkan toner yang aman untuk kulit. Campuran ini bisa Moms gunakan pada kulit bayi.

Fungsinya tentu untuk menghilangkan eksim pada bayi. Bila mengaplikasikan cairan ini ke tubuh, maka akan membantu mengurangi eksim, tanpa membuat kulit Si Kecil kering.

2. Meredakan Asam Lambung pada Bayi

manfaat cuka apel untuk bayi

Foto: healthline.com

Dilansir dari situs Sleep Baby, asam lambung merupakan salah satu hal yang bayi tidak bisa hindari. Sebagian besar bayi akan mengalami asam lambung.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik

Namun tenang saja Moms, fungsi dari cuka apel untuk bagi ini adalah dapat mengurangi gejala-gejala asam lambung pada bayi dengan memberikan cuka apel pada formula mereka. Dengan begitu, gejalanya akan berkurang.

3. Mengobati Infeksi Jamur

manfaat cuka apel untuk bayi

Foto: parents.com

Ketika bayi tumbuh, Si Kecil mungkin rentan terhadap beberapa infeksi karena sistem kekebalannya yang masih belum berkembang dengan sempurna. Infeksi jamur pun sering terjadi, manfaat cuka apel untuk bayi di sini adalah mengobati infeksi jamur dengan menggunakan cuka apel yang diencerkan.

Dilansir dari situs Firstcry Parenting, cara penggunaanya sama dengan mengobati eksim pada bayi. Campur dengan air, lalu aplikasikan tipis pada kulit bayi Moms.

Baca Juga: Waspada Tinea Captitis, Infeksi Jamur di Kulit Kepala Anak

4. Meredakan Pilek

manfaat cuka apel untuk bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Dilansir dari Nutrition Journal, manfaat cuka apel untuk bayi dapat meredakan pilek. Asam dalam cuka apel dapat menipiskan lendir di tenggorokan bayi. Hal ini membantu lendir untuk keluar dari sistem pernapasan Si Kecil lebih cepat.

Melonggarkan dahak dapat membantu buah hati Moms merasa lebih baik. Ada juga beberapa alasan untuk percaya bahwa asam dalam cuka sari apel dapat bekerja untuk membunuh patogen yang membuat bayi Moms sakit.

Itu dia Moms, beberapa manfaat dari cuka apel untuk bayi. Moms mau coba menggunakannya?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait