KESEHATAN
9 Desember 2019

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan

Kaya akan nutrisi penting ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak manfaat mengonsumsi daging domba selama kehamilan.

Apakah daging domba adalah salah satu makanan favorit Moms? Selain sangat lezat, daging domba juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Ibu hamil pun bisa lho mengambil manfaat kesehatan dari daging domba. Berikut ini Orami sudah merangkum beberapa manfaat mengonsumsi daging domba selama kehamilan.

Manfaat Mengonsumsi Daging Domba Selama Kehamilan

1. Sumber Protein yang Baik

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan 01.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Mengonsumsi daging domba selama kehamilan memberikan sumber protein yang sangat baik. Protein dalam daging domba dapat berkontribusi terhadap peningkatan kebutuhan protein dalam kehamilan. Ini membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin, lho.

Ahli diet berlisensi Ashley Peterson, MS, RDN, LD, menyarankan wanita hamil memenuhi kebutuhan protein sekitar 70 hingga 80 gram per hari. Ini artinya sekitar 20 persen hingga 25 persen dari asupan kalori harian.

”Pastikan juga mencoba makan makanan yang seimbang, memenuhi kebutuhan hidrasi, dan mengonsumsi vitamin prenatal,” jelasnya.

Baca Juga: Awas, Terlalu Banyak Makan Daging Berisiko Merusak Kesehatan Usus

2. Kaya Zat Besi

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan 02.jpg

Foto: fairview.com

Manfaat mengonsumsi domba selama kehamilan lainya adalah sebagai asupan zat besi. Ini akan membantu menjaga kadar hemoglobin dalam darah Moms yang berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah.

Zat besi yang terkandung dalam daging domba mudah diserap ke dalam tubuh, sehingga merupakan sumber nutrisi yang baik.

Menurut American Pregnancy Association, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat lahir rendah, dan kematian bayi dan ibu. Jika asupan zat besi baik, maka katakan selamat tinggal pada suplemen zat besi.

”Secara umum, kebanyakan wanita yang memiliki cadangan zat besi yang cukup, mengonsumsi vitamin prenatal, dan makan makanan normal mungkin tidak memerlukan suplemen zat besi,” kata Melissa Goist, MD, asisten profesor klinis Obstetrics and Gynaecology di The Ohio State University's. Pusat Medis Wexner di Columbus, Ohio.

Baca Juga: Jangan Sampai Terjadi, Ini 4 Dampak Anak Kekurangan Zat Besi

3. Mengandung Seng

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan 03.jpg

Foto: healthline.com

Tingginya jumlah seng yang terkandung dalam daging domba, dapat membantu mengembangkan sistem kekebalan janin. Seng juga dapat memastikan pertumbuhan keseluruhan bayi, bersama dengan pembelahan sel. Seng juga membantu tubuh membuat protein dan DNA.

’’Seng sangat penting selama kehamilan, masa bayi, dan masa kanak-kanak. Karena itu mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang tepat selama masing-masing tahap pertumbuhan,” kata Angie Kuhn, RDN, direktur penelitian dan nutrisi untuk Persona yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat.

4. Sumber Vitamin B12

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Domba selama Kehamilan 04.jpg

Foto: healthify.me

Daging kaya akan vitamin B12. Vitamin inilah yang menjaga sistem saraf tetap sehat, membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Nah, vitamin B21 ini penting lho untuk mencegah bayi cacat tabung syaraf.

Menurut para peneliti di National Institutes of Health, Trinity College Dublin, dan Health Research Board dari Irlandia, wanita dengan tingkat B12 terendah memiliki risiko 5 kali memiliki anak dengan cacat tabung saraf dibandingkan dengan wanita dengan tingkat B12 tertinggi.

Wanita yang mengkonsumsi sedikit atau tanpa daging atau makanan hewani adalah kelompok wanita yang paling mungkin memiliki kadar B12 rendah, bersama dengan wanita yang memiliki gangguan usus yang mencegah mereka menyerap jumlah B12 yang cukup.

”Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi sistem saraf dan untuk produksi sel darah merah,” kata Duane Alexander, MD, direktur NICHD.

Itulah empat manfaat mengonsumsi domba selama kehamilan. Daging domba telah menjadi bagian utama dari menu di berbagai belahan dunia.

Namun, selama kehamilan, Moms harus ekstra hati-hati sebelum memakan apapun. Sebab, daging domba pun bisa menimbulkan risiko jika dimakan tanpa aturan.

Daging domba mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan peningkatan kadar lemak darah secara signifikan. Ini tentu sangat tidak diinginkan dalam kehamilan. Selain itu, histamin pada domba dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.

Eksim adalah salah satu bentuk infeksi yang paling umum. Namun, jika Moms memiliki izin dari penyedia layanan kesehatan, Moms bisa menyantap hidangan domba yang enak dan menikmatinya.

Baca Juga: Ini Dia 7 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan

(CIL/DIN)

Artikel Terkait