DI ATAS 5 TAHUN
22 Maret 2018

4 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Anak

Jangan bosan mengingatkan anak untuk cukup minum air putih, ya, Moms!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Anak-anak biasanya gemar meminum minuman yang memiliki rasa seperti minuman dalam kemasan atau soft drink. Mereka belum memiliki kesadaran diri untuk minum air putih secara rutin. Momspun harus mengingatkan si kecil untuk selalu rajin minum air putih setiap waktu .

Padahal, manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh anak cukup banyak, lho. Apa saja?

Menjaga Berat Badan

anak timbangan

Tidak banyak yang tahu bila air putih ternyata baik untuk menjaga berat badan. Menurut Steven Guest, MD, asisten profesor kedokteran dari Stanford University, air putih tidak mengandung kalori, sehingga sebanyak apapun asupannya tidak akan bikin gemuk. Air putih justru membuat perut mudah kenyang, sehingga anak tak perlu makan berlebihan.

Menyeimbangkan Cairan Tubuh

anak berkeringat

Menurut Dr. Steven, 60 persen tubuh berisi cairan, sehingga bila kurang cukup mengonsumsi air putih akan langsung mengganggu sistem tubuh. Cairan tubuh memiliki peranan yang penting untuk membantu melancarkan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, peredaran darah, produksi air liur, serta menjaga suhu tubuh tetap normal.

Menunjang Kinerja Otot

otot anak

Untuk membentuk tubuh ideal, otot perlu dilatih dengan baik dengan melakukan olahraga rutin. Proses pembentukan otot tubuh ini semakin maksimal bila ditunjang dengan cukup minum air putih.

Barbara Rolls, PhD, ahli kesehatan sekaligus penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan, menambahkan perlunya cairan yang cukup dalam tubuh untuk menunjang kinerja otot serta menjauhkannya dari cedera saat latihan.

Membuat Kulit Lebih Sehat

anak berjemur di pantai

Tubuh ideal si kecil akan lebih maksimal bila ditunjang dengan kulit yang sehat. Kabar baiknya, air putih ternyata tidak hanya dapat membantu menjaga berat badan. Menurut ahli kesehatan kulit dari Atlanta, Kenneth Ellner, MD, air putih bisa membuat kulit lebih lembap dan tampak lebih sehat.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Bayi di Bawah Usia 6 Bulan Diberi Air Putih

Sumber: Sahabat Nestle

Artikel Terkait