ORAMI MAGAZINE
4 September 2019

4 Manfaat Musik Untuk Perkembangan Bayi dan Cara Menerapkannya

Musik Untuk Perkembangan Bayi: Manfaat dan Cara Menerapkannya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Dalam beberapa dekade terakhir, ada banyak studi yang mengklaim bahwa musik memainkan peran penting dalam pengembangan keterampilan intelektual, kreatif, dan motorik bayi.

Meskipun hubungan antara musik dan kecerdasan bayi belum sepenuhnya terbukti, hal itu faktanya tidak menghentikan para peneliti untuk mempelajari efek musik untuk perkembangan bayi.

Beberapa manfaat yang berhasil dibuktikan berbagai penelitian tersebut beberapa diantaranya bisa Moms baca dalam pembahasan di bawah ini.

1. Musik dan interaksi dengan orang tua membantu bayi mempelajari bahasa

Musik Untuk Perkembangan Bayi Manfaat dan Cara Menerapkannya 1.jpg

Foto: brighthorizons.com

“Otak bayi sudah dipersiapkan sebelumnya untuk mempelajari musik, demikian halnya dengan pembelajaran bahasa,” kata Daniel Levitin, Ph.D., penulis buku This Is Your Brain on Music, seperti dikutip dari Parents.

Dengan cara yang sama ketika bayi melalui periode mengoceh sebelum belajar berbicara, mereka juga mengoceh secara musikal. “Bayi mungkin menyanyi kecil dan melatih dirinya untuk mengdengar serta menciptakan berbagai ide musik,” kata Dr. Levitin.

Menyanyikan lagu untuk bayi, menepuk punggungnya, atau menggoyang-goyang tubuhnya saat mendengarkan musik juga dapat membantu memperkuat jalur musik di otaknya.

Baca Juga: Harus Musik Klasik untuk Stimulasi Janin dalam Kandungan?

2. Musik membantu perkembangan keterampilan fisik (motorik) bayi

Musik Untuk Perkembangan Bayi Manfaat dan Cara Menerapkannya 2.jpg

Foto: thespoke.earlychildhoodaustralia.org

Young Parents Singapura menyebutkan bahwa musik adalah latihan fisik yang hebat bagi bayi. Sebagian besar bayi dan anak-anak suka bermain dengan alat musik. Misalnya dengan memukul-mukul kaleng biskuit untuk menghasilkan suara.

Bagi Moms, mungkin suaranya terdengar mengganggu dan kurang enak didengar. Akan tetapi, bagi bayi ini adalah musik yang nyata. Apa yang dilakukannya ini memungkinkannya untuk berlatih dan mengembangkan koordinasi mata-tangan.

3. Mendukung kemampuan belajar dan pengendalian diri

Musik Untuk Perkembangan Bayi Manfaat dan Cara Menerapkannya 3.jpg

Foto: musictogetherclasses.org

Ketertarikan bayi pada musik juga mendorongnya untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang didengarnya.

Jika ia menjadi pendengar yang baik dengan memperhatikan musik pada usia semuda ini dalam hidupnya, keterampilan mendengarkannya akan semakin membaik pada saat Si Kecil mulai sekolah. Tentunya ini sangat baik untuk mendukung kemampuan belajarnya di sekolah bukan, Moms?

4. Memperkuat ingatan dan mendukung perkembangan otak bayi

Musik Untuk Perkembangan Bayi Manfaat dan Cara Menerapkannya 4.jpg

Foto: brainworldmagazine.com

Mengutip Zero to Three, musik memiliki tempat yang kuat di dalam ingatan manusia, baik orang dewasa ataupun bayi.

Bahkan bayi yang masih berusia 8 bulan telah mampu menunjukkan pengakuan terhadap musik yang familiar setelah mendengarkannya selama dua minggu (Ilari & Polka 2006).

Memberikan pengalaman yang konsisten dengan lagu yang sama dan pada waktu yang sama (misalnya, sepanjang waktu tidur siang), membantu memperkuat ingatan bayi dan menghubungkan musik yang didengarnya dengan pengalaman tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengenalkan Musik Pada Bayi Sejak Dini

Bagaimana Caranya Agar Bayi Bisa Mendapatkan Manfaat Musik?

Musik Untuk Perkembangan Bayi Manfaat dan Cara Menerapkannya 5.jpg

Foto: theartsdevelopmentcompany.org.uk

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk memperkenalkan musik pada bayi. Misalnya, menyenandungkan lagu yang familiar bagi anak-anak seperti “Twinkle, Twinkle Little Star” atau “Cicak Cicak di Dinding” bersama Si Kecil. Pancinglah bayi untuk mengoceh atau berusaha mengikuti kata terakhir dari lirik lagu yang Moms ucapkan.

John Feirabend, Ph.D., direktur pendidikan musik di Hartt School dari University of Hartford, di Connecticut, menyarankan pada Parents agar para orang tua menggerakkan tubuh bayi mengikuti irama musik dengan bertepuk tangan atau menggoyangkan tubuhnya.

“Ini membantunya menyadari hubungan antara yang ia dengar dan apa yang ia rasakan, yang mendorong kesadaran bermusiknya dengan cara yang menyenangkan,” kata Dr. Feirabend.

Sudah pernahkah Moms memanfaatkan kehebatan musik untuk perkembangan bayi? Lagu apa yang sering Moms nyanyikan atau dengarkan bersama Si Kecil?

(RGW)

Artikel Terkait