NEWBORN
27 April 2018

4 Manfaat Pijat Untuk Bayi yang Perlu Moms Ketahui

Dengan pijatan-pijatan lembut, pertumbuhan pada bayi akan menjadi lebih maksimal.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Meskipun terlihat sederhana, ternyata ada banyak manfaat pijat untuk bayi lho. Akan tetapi sayangnya tidak sedikit yang masih ragu untuk melakukan pijat karena takut salah-salah, ataupun malah nantinya memberikan efek yang kurang baik.

Jika Moms baru pertama kali dan ingin melakukan pijatan untuk Si Kecil namun masih takut, tidak salahnya untuk datang ke tempat yang memang memiliki jasa pemijatan khusus untuk bayi dan anak kecil untuk melihat dan belajar terlebih dahulu dari yang memang sudah ahli. Berikut beberapa manfaat pijat untuk Si Kecil yang sudah Cashbac rangkum:

1. Memberikan Ikatan yang Kuat antara Ibu dan Bayi

Tidak hanya melalui kontak mata yang terjadi selama proses pemijatan berlangsung, namun kontak fisik yang terjadi selama proses dalam kandungan membuat ikatan yang terjalin antara ibu dan sang bayi menjadi semakin kuat.

Selain itu rasa nyaman yang dirasakan Si Kecil selama pemijatan oleh sang ibu yang dipenuhi rasa kasih sayang akan membuat bayi menjadi lebih senang yang mungkin tanpa disadari Moms akan melihatnya memberikan senyuman dan celotehan selama proses berlangsung.

2. Membantu Memaksimalkan Pertumbuhan

Dengan pijatan-pijatan lembut, pertumbuhan pada bayi akan menjadi lebih maksimal. Hal ini dapat terjadi berkat stimulasi yang diberikan langsung saat proses pijat dilakukan.

Tidak hanya berguna bagi pertumbuhan, pijatan yang dilakukan juga akan membuat bayi menjadi lebih nyaman sehingga tidur lebih nyenyak.

Pijatan yang dilakukan secara menyeluruh pun terbukti dapat membuat saluran pernapasan dan pencernaannya ikut serta menjadi lebih baik.

Baca Juga : Berat Badan Bayi Anda Normal? Cek Di Sini

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Pijatan yang dilakukan sejak bayi masih berusia dini ternyata juga mampu untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Seperti bayi yang masih berusia 28 bulan, nafsu untuk minum ASI akan semakin bertambah dengan pijatan yang Moms lakukan.

Hal ini dapat menjadi perhatian Moms, terutama untuk Si Kecil yang kurang bernafsu saat menyusu karena ternyata bukan berarti sudah kenyang melainkan karena kemampuan menyusunya yang masih kurang. Oleh karena itulah disini pijatan memiliki peranan penting.

4. Membuat Bayi Lebih Sehat

Manfaat terakhir untuk bayi yang sering dipijat adalah mereka akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan pijatan yang diberikan secara tepat penapasan dan pencernaan bayi akan menjadi lebih baik.

Selain itu hormon stress yang ada pada Si Kecil juga akan dikurangi dengan pijatan, sehingga mereka akan lebih ceria dan hal ini pun akan berpengaruh kepada kesehatannya serta memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Nah, Moms sudah tidak ragu kan untuk memulai pijat pada bayi?

Sumber : Cashbac

Artikel Terkait