GAYA HIDUP
5 Oktober 2019

4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak

Bantu anak mengelola stress dan emosi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan hanya baik untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh, rupanya ada banyak manfaat yoga untuk mental anak yang terlalu sayang untuk dilewatkan lho, Moms.

Dengan semakin banyaknya studi ilmiah yang menguatkan manfaat yoga untuk kesehatan mental, American Psychological Association bahkan menjadikan yoga sebagai salah satu alat bantu penting dalam psikoterapi.

Nah, berikut adalah berbagai manfaat yoga untuk mental anak yang wajib Moms tahu!

Membantu Anak Lebih Fokus

4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak 1.jpg

Foto: pendulumsoftheuniverse.com

Psikiater Marlynn Wei, MD, JD dari Harvard Medical School mengungkap studi terbaru yang menunjukkan kalau yoga dapat meredakan gejala utama ADHD pada anak, seperti sulit memusatkan perhatian, impulsif, dan hiperaktif.

Pengaturan napas, pose, serta meditasi dalam yoga juga bisa membantu anak, baik yang menderita ADHD maupun tidak, untuk lebih fokus dan konsentrasi saat belajar dan beraktivitas.

Baca Juga: Selain Melatih Fokus, Ini Manfaat Lain Yoga Untuk Anak

Membantu Anak Mengenal Diri Sendiri

4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak 2.jpg

Foto: gcaofct.com

Sudah tahu kan Moms, kalau kemampuan anak dalam mengenali emosi serta menyalurkan dengan cara yang sehat itu sangat penting untuk menjaga kesehatan mental?

Nah, sebuah studi yang dilakukan oleh Kirsten Holdt Henningsen dari Kaplan University menemukan kalau latihan yoga secara rutin dapat meningkatkan kesadaran diri anak akan respon dan isyarat emosional diri, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh buruk dari pergaulan dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 8 Pose Yoga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Stress dan Emosi

4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak 3.jpg

Foto: psaoc.org

Saat anak sedang stress atau emosi, tubuhnya akan mengirimkan sinyal pada otak untuk mengaktifkan sistem saraf simpatik sehingga menjadi gelisah, khawatir, cemas, tegang, dan cenderung impulsif.

Bernapas dengan dalam dan teratur saat melakukan yoga akan melambatkan detak jantung dan memberi sinyal pada otak untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yang menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Seperti dikutip dari situs PsychologyToday.com, manfaat yoga untuk anak ini juga dapat meningkatkan taraf kepuasan hidup serta mengurangi resiko depresi akibat memendam perasaan atau kesulitan meluapkan emosi secara sehat.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

Mengurangi Kecemasan

4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak 4.jpg

Foto: sportsrec.com

Kalau Si Kecil termasuk anak yang mudah cemas atau menderita gangguan kecemasan, manfaat yoga untuk anak ini sungguh patut dicoba lho, Moms..

Seperti dijelaskan oleh psikolog klinis Deborah Khoshaba, Psy.D, yoga telah terbukti dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA), zat kimia di otak yang membantu mengendalikan aktivitas saraf.

Nah, meningkatkan aktivitas GABA di otak akan membantu membuat pikiran anak menjadi lebih tenang dan tidak mudah cemas.

Melihat baiknya manfaat yoga untuk mental anak, apa Moms tertarik untuk mengajak Si Kecil latihan yoga bersama?

Artikel Terkait