NEWBORN
7 Februari 2019

4 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Diderita Bayi

Sembelit paling sering terjadi pada bayi saat mulai MPASI
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada masa pertumbuhan, bayi seringkali mengalami masalah pencernaan. Hal tersebut terjadi karena sistem pencernaan bayi masih terus berkembang.

Dikutip dari Parents.com, ada beberapa masalah pencernaan yang umumnya dialami bayi pada masa pertumbuhan. Apa saja? Berikut daftarnya!

Refluks/Gumoh

Terkadang, butuh beberapa minggu bagi perut untuk sampai pada ritme mencerna yang benar. Sampai hal itu terjadi, susu bisa berada dalam perut dalam waktu yang lebih lama kemudian kembali ke atas. Kondisi ini dinamakan refluks.

Pada kebanyakan kasus, refluks akan hilang pada bayi berusia 4-12 bulan. Jika Si Kecil punya masalah susah makan, cegukan, dan masalah pernafasan bisa jadi Si Kecil punya masalah lain.

Untuk menghindari terjadinya refluks, selalu bantu Si Kecil untuk sendawa setelah menyusu. Setelah itu, biarkan Si kecil dalam posisi tegak selama 20 menit setelah menyusu.

Baca Juga : Batuk Bayi di Malam Hari, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Muntah

Kasus muntah pada bayi umumnya terjadi karena adanya infeksi pada saluran usus oleh virus. Penyakit biasanya dimulai dengan serangan muntah tiba-tiba, sering disertai demam atau diare (tidak harus dalam urutan itu).

Kebanyakan infeksi berjalan dalam dua atau tiga hari. Kendati begitu, sering kali perut Si Kecil tidak langsung sembuh.

Untuk mengatasinya, setiap Si Kecil selesai menyusu, beri dia cairan elektrolit seperti pedialyte atau rehydralyte setiap 15 menit. Jika kondisi tidak kunjung membaik, sebaiknya Moms segera menemui dokter.

Diare

Diare pada bayi biasanya disebabkan oleh virus. Salah satunya rotavirus yang bertanggung jawab atas sebagian besar kasus diare pada anak-anak.

Rotavirus biasanya muncul selama musim dingin pada anak-anak antara 6 dan 24 bulan.

Setelah rotavirus bertahan, satu-satunya hal yang dapat Moms lakukan adalah memastikan bayi tetap terhidrasi. Dokter anak Anda perlu melakukan tes pada tinja bayi untuk membuat diagnosis yang pasti.

Baca Juga : Diare Pada Bayi, Bagaimana Cirinya dan Cara Mengatasinya?

Sembelit

Sembelit adalah masalah umum, terutama setelah bayi mulai makan makanan padat. Untuk menghindari hal tersebut, saat Si Kecil mulai makan, Moms juga harus rajin memberinya minum air putih. Hal ini akan membantu perut mencerna makanan.

Itulah beberapa masalah pencernaan yang umumnya terjadi pada bayi. Apakah Moms punya pengalaman seperti itu? Share yuk!

(AND)

Artikel Terkait