FASHION & BEAUTY
4 Agustus 2016

4 Menu Percepat Penuaan Dini

Mungkin menu favorit kamu salah satunya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Merawat kecantikan kulit adalah hukum wajib bagi setiap perempuan. Dari yang muda hingga tua tak ingin kulitnya terlihat kusam atau bahkan keriput. Kondisi ini mudah diatasi sebenarnya, selama Anda memahami strategi terbaik merawat kulit tetap sehat. Maksudnya, Anda tidak membutuhkan sentuhan kimia selama bisa menjaga pola makan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang memenuhi kebutuhan kulit. Dan inilah 4 menu yang memicu terjadinya penuaan dini, simak dan catat penjelasannya:

Serba Manis

Selain tidak baik untuk kesehatan gigi, kelebihan gula juga dapat merusak kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga proses peremajaan kulit. Proses ini disebut glycation, ketika kulit mengalami percepatan penuaan dini.

Menu Bakar

Sajian barbeque, sate ayam, dan menu bakar lainnya memang menggugah selera, tapi jangan lupa untuk mengupas bagian gosongnya ya! Selain berpotensi menyebabkan kanker, bila dikonsumsi dalam jangka panjang akan memicu peradangan hydrocarbon yang merusak jaringan kolagen.

Daging Merah

Daging yang berlemak merupakan pusat dari radikal bebas. Ketika masuk ke dalam tubuh, maka radikal bebas akan merusak sel-sel sehat begitu pula dengan kolagen. Mulai dari sekarang cobalah beralih ke daging putih seperti ayam dan kalkun.

Trans Fat

Coba baca label komposisi di setiap makanan dan minuman kemasan yang Anda beli di supermarket. Berapa persen trans fat atau lemak trans yang terkandung di setiap cemilan? Atau temukan kalimat partially hydrogenated oil di label ingredient. Perlu Anda ketahui bahwa kandungannya tidak boleh lebih dari 1 persen dari jumlah kalori yang Anda konsumsi dalam sehari. Selain membahayakan jaringan kolagen, mengonsumsi lemak trans secara berlebihan bisa sebabkan kulit rentan terhadap sinar UV.

--SR

Foto: mamashealth

Artikel Terkait