DI ATAS 5 TAHUN
6 Januari 2018

4 Minuman Sehat untuk Anak

Konsumsi minuman juga penting untuk mencukupi nutrisi Si Kecil. Misalnya, lewat 4 minum sehat untuk anak berikut.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh serenata.rosalia
Disunting oleh serenata.rosalia

Foto: saludtoday

Saat Moms mempunyai balita, mengawasi minuman yang dikonsumsi sama pentingnya dengan memerhatikan asupan makanannya. Sebab, kedua hal ini berperan besar dalam pemenuhan nutrisi sang buah hati. Dengan memilih minuman sehat, Moms tidak perlu khawatir pertumbuhannya akan terganggu.

Nah, berbicara mengenai minuman sehat, berikut adalah beberapa penghilang dahaga yang baik untuk Si Kecil.

Air putih

Air putih adalah minuman paling menyehatkan yang dapat Moms berikan kepada siapapun, termasuk balita Moms. Air dapat menjadi pelepas dahaga sekaligus baik untuk kesehatannya seperti menghilangkan sakit kepala dan rasa lelah.

Nicolas Stettler, M.D., seorang ahli anak, menyatakan bahwa penting bagi orang tua untuk membiasakan anak mengonsumsi air putih karena jika ia terbiasa minum minuman yang mengandung gula, anak akan berpikir bahwa semua minuman harus manis.

Jika anak terbiasa mengonsumsi air putih tentu ia tidak akan mengalami kelebihan kadar gula dan giginya tidak gampang rusak.

Beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membiasakan anak minum air putih adalah dengan menaruhnya di kulkas terutama ketika udara panas atau membekali buah hati dengan sebotol air putih kemana pun dia pergi. Mudah, kan?

Susu

Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Moms bisa memberikan sekitar 16 ons susu jika Si Kecil masih berusia 1-2 tahun.

Jika anak berusia 2-3 tahun, secara bertahap Moms boleh memberikan 2-3 cangkir susu setiap hari. Sebab pada masa ini anak membutuhkan asupan kalsium sekitar 700mg. Namun, apabila Si Kecil memiliki alergi susu sapi, Moms dapat menggunakan susu kedelai sebagai pengganti.

Jus

Jika Moms memilih jus sebagai minuman sehat untuk balita, pastikan bahwa jus tersebut terdiri dari 100 persen buah asli, ya. Dan ingat, walaupun berasal dari buah asli, Moms juga tidak boleh sembarangan memberikan jus tersebut kepada Si Kecil.

Jika ia belum berusia 6 bulan, sebaiknya hindari memberi minuman ini. Kemudian saat Si Kecil berusia 6-12 bulan, Moms mulai dapat memberinya jus dengan batasan hingga 120 mililiter per hari. Kemudian, jika anak telah berusia 1-6 tahun, konsumsi jus dapat meningkat antara 120-180 mililiter per hari.

Teh

Teh bisa dijadikan pilihan juga sebagai minum sehat untuk anak. Moms bisa mencoba memberikan teh chamomile karena teh tersebut dapat membuatnya tenang. Sebagai pemanis alami, Moms juga bisa menambahkan madu ke dalam segelas air teh hangat yang telah diseduh.

Itulah empat macam minum sehat yang bisa Moms berikan untuk buah hati. Membiasakan Si Kecil agar menyukai minuman sehat adalah bentuk investasi kesehatan jangka panjang, lo Moms. Sebab tubuh anak menjadi lebih kuat dan berenergi untuk menjalani aktivitas hariannya.

Yuk, dicoba!

Artikel Terkait