NEWBORN
27 Mei 2019

4 Momen Ayah dan Bayi yang Penting Dialami demi Ikatan yang Kuat

Belajar mengenal dan membangun bonding Si Kecil bersama Dads
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah Anda meleleh ketika melihat Dads berinteraksi dengan bayi? Salah satu hal yang paling menyentuh adalah melihat Sang Suami menghabiskan waktu bersama Si Kecil. Sosok Dads yang kekar saat menimang bayi kecil yang mungil merupakan pemandangan yang istimewa.

Sebagai seorang ibu, Moms juga harus memberikan waktu bagi mereka berdua untuk melakukan bonding. Mungkin pada awalnya Dads akan merasa kikuk, tapi yakinlah, seiring berjalannya waktu Dads akan menikmati waktunya sebagai seorang ayah.

“Ada begitu banyak diskusi tentang bonding dengan bayi baru, sehingga orang tua sering merasa bersalah jika mereka tidak segera merasakan keterikatan yang luar biasa dengan bayi mereka,” kata Edward Christophersen, seorang psikolog pediatri di Kansas City, Missouri.

Ingin melakukan hal yang sama untuk pasangan dan bayi Anda? Berikut adalah beberapa cara untuk menciptakan momen ayah dan anak seperti dikutip dari Sarah Kulchar, seorang penulis parenting dari Amerika Serikat.

1. Libatkan Dads saat Menyusui

4 Momen Ayah dan Bayi yang Penting Dialami demi Ikatan yang Kuat -1.jpg

Pijatan ringan di pundak dan punggung saat Anda menyusui dari Dads akan membuat kegiatan menyusui lebih menyenangkan. Hormon oksitosin akan meningkat dan Si Kecil juga akan merasakan kebahagiaan dari ayah dan ibunya.

Biarkan juga Dads memberikan susu hasil ASIP Anda kepada Si Kecil. Tunjukkan cara memangku yang benar dan meletakkan dot di mulut bayi. Dan akhiri momen ayah dan bayi ini dengan meminta tolong Dads menyendawakan Si Kecil. Bersendawa akan membantu bayi Anda meredakan kerewelan dan ketidaknyamanan.

Baca Juga: 6 Hal Inilah yang Membuat Peran Ayah Begitu Penting Dalam Mendidik Anak

2. Biarkan Dads Mengganti Popok

4 Momen Ayah dan Bayi yang Penting Dialami demi Ikatan yang Kuat 2.jpg

Bangun di malam hari untuk menyusui Si Kecil bagi ibu baru termasuk hal yang berat. Libatkan Dads saat harus bergadang. Misalnya saat harus mengganti popok bayi yang basah. Dads pasti merasa senang menjadi bagian dari rutinitas malam Si Kecil.

Kapanpun Dads memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk membiarkannya mengurusi popok bayi. Saat sedang mengganti popok, bayi lebih bisa mengenal wajah ayah dengan lebih dekat. Momen ayah dan bayi yang hangat jadi tercipta.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki Berawalan P Untuk Si Jagoan Kecil Moms dan Dads

3. Membaca Cerita Sebelum Tidur

4 Momen Ayah dan Bayi yang Penting Dialami demi Ikatan yang Kuat 3.jpg

Ini cara yang bagus bagi bayi untuk mengenal suara Dads dan berada dalam pelukannya. Biarkan Ayah memilih buku. Pada saat yang sama, ini adalah cara yang luar biasa bagi Dads untuk bersantai sembari menciptakan momen ayah dan bayi. Cukup menatap mata anak Anda dan perhatikan bagaimana dia merespons semua yang harus dia katakan kepadanya.

4. Mengajak Si Kecil Bercerita

4 Momen Ayah dan Bayi yang Penting Dialami demi Ikatan yang Kuat 4.jpg

Memiliki waktu untuk skin-to-skin contact dengan Si Kecil, misalnya saat sebelum dan sesudah bayi berjemur di pagi hari. Sering-seringlah mengusap dengan lembut sambil bercerita atau bernyanyi. Pandang wajah bayi saat bernyanyi dari dekat.

Perlihatkan mimik wajah yang berbeda dan suara yang lucu saat bercerita. Tanpa Dads sadari, Si Kecil sedang merekam ekspresi dan bisa jadi sekali-kali dia tersenyum. Bicaralah dengan bayi Anda sepanjang hari. Pada awalnya mungkin terlihat seperti Anda sedang berbicara kepada diri sendiri, tetapi akan mulai terasa lebih alami jika Anda terus melakukannya.

Baca Juga: Calon Ayah Wajib Tahu, Ini 11 Hal yang Menurunkan Kualitas Sperma

Teruslah membersamai Dads saat mengurusi bayi bersama. Waktu yang Anda lalui berdua akan menjadi momen ayah dan bayi paling bahagia yang tidak dapat terlupakan.

(FAR)

Artikel Terkait