PASCA MELAHIRKAN
7 Oktober 2019

4 Nutrisi Agar Jahitan Melahirkan Cepat Pulih

Agar bisa cepat beraktivitas kembali, ikuti saran berikut ya Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melahirkan memang proses yang menakutkan sekaligus membahagiakan saat kita membayangkan kehadiran Si Kecil. Namun menakutkan, karena setelah melahirkan, tentu Moms akan mendapat beberapa jahitan akibat proses tersebut.

Baik proses melahirkan secara normal ataupun caesar, semuanya pasti memerlukan jahitan. Jahitan ini membantu untuk menutupi area sayatan dan mempercepat proses penyembuhan. Jahitan ini tentu akan menimbulkan sedikit nyeri pada ibu.

Namun jangan khawatir Moms. Bekas jahitan ini bisa sembuh dengan cepat jika Moms mengikuti pantangan yang diberikan dan mengonsumsi makanan yang memang dapat membantu proses pemulihan luka.

Lalu apa saja nutrisi agar jahitan melahirkan cepat pulih? Simak penjelasan berikut ya.

Baca Juga: Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

1. Probiotik

luka bekas jahitan melahirkan, bekas jahitan

Foto: epicurious.com

Nutrisi agar jahitan melahirkan cepat pulih yang pertama adalah probiotik. Probiotik dipercaya mampu meningkatkan kesehatan pencernaan pada tubuh Moms dan mencegah terjadinya sembelit.

Rutin mengonsumsi probiotik, juga akan membantu tubuh kita untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi yang kita makan.

Moms bisa mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik seperti yogurt tanpa rasa, sup miso, acar, tempe, kimchi, dan teh kombucha.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C

luka bekas jahitan melahirkan, bekas jahitan

Foto: pinterest.com

Nutrisi agar jahitan melahirkan cepat pulih yang selanjutnya adalah vitamin C. Mengutip dari livestrong.com, tubuh Moms sangat membutuhkan vitamin C untuk membantu menyembuhkan jahitan akibat melahirkan, karena bisa memperbaiki kolagen.

Kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit dan jaringan dalam tubuh kita agar luka bisa cepat pulih.

Makanya, Moms perlu menambahkan makanan yang kaya akan vitamin C dalam konsumsi sehari-hari agat luka bekas jahitan cepat pulih.

"Vitamin C yang tinggi dapat ditemukan dalam buah jeruk, lemon, belimbing, dan limau. Buah-buahan ini akan membantu memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh. Buah kiwi, pepaya, dan stroberi juga penuh dengan vitamin C, yang membantu penyerapan vitamin dan zat esi juga,” tutur Dr. Mansi Dhir, ginekolog di Dubai.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Bekas Jahitan Caesar

3. Zinc

luka bekas jahitan melahirkan, bekas jahitan

Foto: unlockfood.ca

Nutrisi agar jahitan melahirkan cepat pulih yang selanjutnya adalah zinc. Cara kerja Zinc mirip dengan vitamin C, yaitu mendorong kulit dan sel-sel kulit Moms untuk memperbaiki diri sehingga luka bekas jahitan saat melahirkan bisa pulih dengan cepat.

Selain itu, zinc juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Moms dalam melawan infeksi. Makan makanan laut, daging merah, dan sereal akan membantu kita mendapatkan lebih banyak zinc dalam tubuh.

4. Makanan yang Mengandung Protein

luka bekas jahitan melahirkan, bekas jahitan

Foto: hsph.harvard.edu

Nutrisi agar jahitan melahirkan cepat pulih yang selanjutnya adalah protein. Makanan yang mengandung protein harus Moms masukkan dalam daftar ‘Makanan Penyembuh Luka Bekas Jahitan saat Melahirkan’.

Klinik Cleveland melaporkan bahwa makanan dengan protein dianggap sebagai "kekuatan" untuk meningkatkan penyembuhan luka. Klinik ini juga mencatat bahwa makan dua hingga tiga porsi adalah jumlah optimal untuk mendorong luka bekas jahitan agar sembuh dengan benar.

Daging sapi tanpa lemak, babi, ayam, dan kalkun adalah makanan yang sehat untuk mendapatkan protein. Makanan kaya protein lainnya ada ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu.

Baca Juga: Tren Salad Bar yang Kaya Akan Protein

Itu dia beberapa nutrisi yang harus Moms konsumsi agar jahitan melahirkan cepat pulih. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait