KESEHATAN
28 Juli 2020

Imbangi Sajian Bersantan, Konsumsi 4 Nutrisi Pendamping Saat Idul Adha Ini

Tetap jaga asupan makanan saat merayakan Lebaran ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat merayakan Idul Adha nanti, Moms tentunya akan menyantap ragam makanan bersantan. Namun, jangan berlebihan mengonsumsinya agar tidak memberikan dampak kesehatan yang merugikan ya, Moms.

Selain perlu tahu cara aman makan makanan bersantan, Moms juga sebaiknya mengonsumsi nutrisi pendamping saat Idul Adha untuk mengimbangi sajian bersantan tersebut.

Yuk, cari tahu seperti apa tips dan penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Agar THR Tak Habis Dalam Sekejap, Ini 5 Trik Hemat Menyambut Lebaran

Nutrisi Pendamping Makanan Bersantan Saat Lebaran

Selain penting menjaga agar tetap mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah yang cukup dan tak berlebihan, Moms sebaiknya juga makan nutrisi pendamping ini untuk mengimbangi asupan hidangan bersantan tersebut.

1. Makan Cukup Sayuran

nutrisi pendamping saat Lebaran -1

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi sayuran tentunya dapat memberikan ragam nutrisi pendamping makanan bersantan saat Lebaran yang paling ideal. Tentunya, Moms jangan makan sayuran yang juga dimasak dengan santan, ya.

Mengutip Choose My Plate, serat makanan dari sayuran, membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, serat penting untuk fungsi usus yang baik, sehingga membantu mengurangi sembelit dan diverticulosis. Makan sayur yang mengandung serat membantu memberikan rasa kenyang dengan asupan kalori yang lebih sedikit.

Baca Juga: Tampil Cantik Saat Lebaran Dengan Make Up Natural, Ini Dia Triknya!

2. Jangan Lupakan Buah-buahan

nutrisi pendamping saat Lebaran -2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Advances in Nutrition, dijelaskan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan A, mineral, dan antioksidan.

Buah-buahan juga memberikan nutrisi pendamping kala makan makanan bersantan saat Lebaran yang mudah didapatkan dan dikonsumsi.

Melansir Dairy Council of California, buah adalah sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk kalium, serat, vitamin C dan asam folat. Cobalah konsumsi blueberry, jeruk, atau stroberi dengan kandungan phytochemical.

Kandungan phytochemical ini bertindak sebagai antioksidan, menetralkan radikal bebas dengan menghilangkan kekuatannya untuk merusak sel tubuh.

3. Konsumsi Juga Rempah-rempah

nutrisi pendamping saat Lebaran -3

Foto: Orami Photo Stock

Rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap pada masakan, tetapi juga memberikan nutrisi pendamping untuk makanan bersantan saat Lebaran.

Hopkins Medicine memberikan beberapa rempah dengan manfaatnya masing-masing:

  • Kayu manis. Sangat bagus untuk orang dengan gula darah tinggi. Studi menunjukkan kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.
  • Kunyit. Terkenal karena penggunaannya dalam masakan kari, dan telah terkenal karena mampu mengurangi peradangan tubuh.
  • Jahe. Sudah digunakan ribuan tahun untuk mengobati sakit perut, diare, dan mual.
  • Bawang putih. Mengonsumsinya dapat melindungi jantung dari hal-hal yang jadi penyebab penyakit jantung.
  • Cabai rawit. Ada kandungan zat capsaicin, yang tidak hanya memberikan rasa pedas, tetapi juga bisa menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga: 5 Makanan Wajib yang Selalu Dihidangkan saat Lebaran

4. Minum Teh Herbal

nutrisi pendamping saat Lebaran -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika ingin sekadar minum usai makan makanan bersantan, Moms bisa minum teh herbal yang tak kalah bernutrisi sebagai minuman pendamping di hari Lebaran.

Dalam Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, beberapa dari teh herbal punya khasiat memberikan energi, mengatasi masalah perut atau pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Moms bisa mengonsumsi beberapa teh herbal yang populer seperti teh hitam, teh hijau, teh chamomile, teh jahe, teh ginseng, teh peppermint, atau teh kayu manis.

Itu dia Moms, makanan dan minuman yang memberikan nutrisi pendamping saat Lebaran usai makan makanan bersantan. Selalu ingat untuk mengontrol porsinya dan jangan kalap, ya!

Artikel Terkait