KESEHATAN
12 Juni 2020

4 Obat Bisul Ini Dijual Bebas dan Aman Dibeli di Apotek

Bisul adalah benjolan berisi nanah yang disebabkan infeksi bakteri. Bisa diobati, dan obatnya ada di apotek terdekat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Staphylococcus aureus adalah bakteri penyebab bisul. Biasanya, bakteri ini berulah melahirkan bisul di daerah wajah, leher, ketiak, bokong, dan paha.

Mengobati bisul tidak rumit. Bisul bisa disembuhkan dengan kompres air hangat untuk meringankan nyeri. Tapi, kadang cara ini kurang ampuh.

Obat Bisul

Kalau sudah seperti ini, saatnya Moms untuk pergi ke apotek dan membeli obat bisul di bawah ini! Ingat, tidak semuanya obat bebas. Kadang diperlukan resep dokter untuk menebusnya.

Baca Juga: Bisul Pada Anak, Apa Sih Penyebabnya?

1. Mupirocin

HOnestdoc.jpg

Foto: pixabay.com

Mupirocin (Bactroban®) adalah salah satu salep antibiotik yang bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Menurut US National Library of Medicine, salep yang satu ini sering digunakan untuk melawan infeksi bakteri Staphylococcus aureus, bakteri penyebab berbagai masalah kulit seperti impetigo, eksim, psoriasis, herpes, dan sebagainya.

“Mupirocin bekerja efektif dengan menghalangi aktivitas enzim isoleusil-tRNA sintetase. Enzim ini digunakan bakteri untuk membuat protein yang kemudian menginfeksi tubuh manusia. Tanpa enzim ini, bakteri akan mati secara perlahan sehingga proses penyembuhan bisul jadi lebih cepat,” ucap Nada Elbuluk, MD, FAAD, asisten profesor dermatologi, NYU Langone Medical Center.

Namun, ada efek samping yang harus diwaspadai. Kandungan bahan kimia pada obat bisul ini dapat memengaruhi kerja ginjal. Efek samping lainnya, kulit terasa gatal dan panas di sekitar area bisul, bengkak di wajah atau bibir, sakit kepala, hingga sesak napas. Jadi, pastikan Moms mengikuti petunjuk pemakaian yang ada di kemasan.

Baca Juga: Ini Dia, Daftar Makanan Penghilang Bisul

2. Gentamicin

Gentamicin adalah jenis salep antibiotik spektrum luas yang ampuh mengobati bisul pada kulit. Salep bisul yang satu ini termasuk dalam kelas aminoglikosida yang efektif menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bisul.

Ingat, gunakan salep ini sesuai dengan aturan pakai. Sebelum mengoleskan salep, cuci tangan terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.

Sehabis itu, oleskan salep tipis-tipis pada benjolan sebanyak 3-4 kali sehari. Gunakan pada waktu yang sama setiap hari supaya hasilnya lebih efektif dan mempercepat penyembuhan bisul.

3. Benzocaine

Benzocaine termasuk obat bisul berbentuk salep yang dapat membantu meredakan sakit akibat bisul. Cara kerja salep ini mirip seperti bius lokal yang dapat meredam sinyal rasa sakit pada kulit.

Jika digunakan secara berlebihan, benzocaine dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit, kemerahan, bengkak di wajah atau lidah, dan ruam. Jangan ragu untuk menanyakan pada dokter atau apoteker, jika Moms bingung takaran penggunaan salepnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bisul Anak dengan Aman

4. Clindamycin

Artria.jpg

Foto: artria.com

Clindamycin adalah obat oral yang biasanya digunakan untuk mengatasi infeksi serius, termasuk juga benjolan berisi nanah karena bisul. Obat bisul ini bekerja dengan cara menghambat kemampuan bakteri untuk memproduksi protein, yang digunakan untuk menginfeksi tubuh.

Clindamycin termasuk obat golongan antibiotik, sebaiknya patuhi aturan minum dan lanjutkan hingga yang diresepkan habis.

“Ingat, menghentikan penggunaan obat yang terlalu cepat, terutama antibiotik, dapat membuat bakteri lanjut berkembang dan pada akhirnya membuat bisul tak kunjung sembuh,” ucap Dr Elbuluk.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait