KESEHATAN
3 November 2019

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Stres saat Liburan

Siapa sangka, terlalu banyak kebersamaan dengan keluarga bisa bikin stres lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Liburan keluarga adalah momen yang paling dinanti. Namun jangan salah Moms, liburan ternyata juga bisa membikin stres lho.

Faktanya, menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan di situs verywellmind.com, lebih dari 80 persen dari kita menganggap musim liburan sebagai kegiatan yang agak atau bahkan sangat membuat stres.

Penyebab Stres saat Liburan

Meskipun niatnya untuk menghilangkan stres, banyak hal saat liburan yang justru bisa memicu stres. Berikut beberapa penyebab stres saat liburan yang mungkin terjadi.

1. Melakukan Terlalu Banyak Hal

Sedang Merencanakan Liburan 4 Tips Ini Akan Membuatnya Sempurna -2.jpeg

Seperti kata pepatah, jangan melakukan semuanya dengan berlebihan. Begitu juga saat liburan, kita sering mengalami terlalu banyak hal yang baik.

Stres sendiri memang diperlukan untuk kelangsungan hidup kita. Para peneliti menyebut jenis stres positif ini adalah eustress.

Namun, terlalu banyak stres justru tidak baik untuk kesehatan, baik mental maupun fisik. Terlalu banyak kegiatan, bahkan jika itu adalah kegiatan yang menyenangkan seperti liburan, dapat berujung pada stres dan malah membuat kita lelah.

Jadi bukannya liburan bisa melepas stres, justru sebaliknya. Terlalu banyak kegiatan justru bisa memicu stres saat liburan. Sebisa mungkin jadikan liburan sebagai pelepas stres ya Moms, bukan sebaliknya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pegawai yang Sedang Butuh Liburan

2. Makan dan Minum Terlalu Banyak

Liburan dan makan bersama.jpg

Hal lain yang bisa memicu stres saat liburan adalah makan dan minum terlalu banyak. Saat liburan, biasanya selalu ada acara makan bersama. Acara makan bersama ini melibatkan banyak makanan, banyak orang dan membuat kita bahagia.

Tapi seringkali kebahagiaan dan kegembiraan tersebut malah berlebihan. Sehingga, godaan untuk menghabiskan banyak uang untuk makanan atau barang-barang lainnya dapat menyebabkan banyak orang stres akibat konsekuensi.

Konsekuensi seperti adanya hutang sampai kenaikan berat badan dapat bertahan lama setelah liburan sudah berakhir. Ini bisa menjadi tekanan tersendiri.

3. Terlalu Banyak Kebersamaan

tips packing liburan dengan anak hero banner magz (1510x849)

Liburan adalah saat keluarga besar cenderung berkumpul. Walaupun ini bisa menjadi hal yang luar biasa, bahkan keluarga yang paling dekat sekalipun dapat mengalami overdosis dalam kebersamaan.

Sehingga hal ini menyulitkan anggota keluarga untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara ikatan keluarga dan waktu me time. Betul tidak Moms?

Agar tidak mengalami stres saat liburan, ada baiknya menjauh sebentar dari keluarga besar dan buat agenda sendiri untuk keluarga kecil Moms.

4. Tidak Cukup Kebersamaan

Sedang Merencanakan Liburan? 4 Tips Ini Akan Membuatnya Sempurna

Bagi mereka yang sebenarnya kurang dekat dengan keluarga, maka acara keluarga saat liburan malah menimbulkan kesepian bisa menjadi masalah besar.

Karena tampaknya berkumpul dengan keluarga, bagi mereka yang lebih mengandalkan teman untuk dukungan, dapat merasa kesepian dan sendirian.

Karena tidak ada keluarga yang bisa diajak mengobrol, stres saat liburan malah yang akan muncul.

Mengatasi Stres saat Liburan

Kabar baiknya, stres saat liburan dapat diprediksi. Tidak seperti banyak jenis stres negatif lain yang kita temui dalam hidup, kita tahu kapan stres liburan akan dimulai dan berakhir.

Sehingga kita dapat membuat rencana untuk mengurangi jumlah stres yang kita alami dan dampak negatifnya pada kita.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk membantu mengurangi stres saat liburan sebelum terjadi.

Baca Juga: Perlukah Berhubungan Intim Saat Liburan?

1. Tetapkan Prioritas

Tetapkan prioritas.jpeg

Sebelum kita kewalahan dengan terlalu banyaknya kegiatan saat liburan, penting untuk memutuskan kegiatan apa yang menawarkan dampak paling positif dan menghilangkan kegiatan berlebihan.

Misalnya, jika kita biasanya kewalahan oleh kesibukan memanggang, menyanyi, berbelanja, mengirim kartu, dan mengunjungi kerabat, kita harus mulai memeriksa prioritas, memilih beberapa kegiatan favorit dan benar-benar menikmatinya.

2. Jadilah Cerdas Dengan Makan-makan saat Liburan

Jadilah Cerdas Dengan Makan-makan saat Liburan.jpg

Selama liburan, kita mungkin ingin terlihat dan merasa hebat, terutama jika kita berada di sekitar orang yang tidak sering ditemui.

Karena tanpa sadar, kita tahu bahwa ini adalah bagaimana kita akan diingat dan kita ingin memberikan kesan yang sempurna.

Akhirnya, kita akan berupaya meyajikan makanan yang melimpah, namun tidak sehat. Ini hanya akan menambah stres.

Karena itu, cobalah untuk tetap mendapatkan makanan sehat, sadari asupan kita dan berlatih makan dengan penuh perhatian. Ini bisa menghindarkan stres.

3. Ubah Harapan Tentang Kebersamaan

Ubah Harapan Tentang Kebersamaan.jpg

Dengan keluarga dan teman, penting untuk menyadari keterbatasan kita. Pikirkan kembali tahun-tahun sebelumnya dan cobalah untuk menunjukkan seberapa banyak kebersamaan yang kita dan keluarga kita dapat melakukan, sebelum merasakan stres negatif.

Cobalah untuk membatasi jumlah keluarga yang hadir dengan jangka waktu yang lebih pendek, namun tetap terasa istimewa dan menyenangkan. Sehingga tidak membuat kita lelah.

Juga, ketika berhadapan dengan kerabat yang sulit, tidak apa-apa untuk menetapkan batasan pada apa yang kita ingin dan tidak ingin lakukan. Salah satunya dengan membatasi kunjungan mereka setiap tahun.

Bagi mereka yang mengalami kesepian selama liburan, pertimbangkan untuk mengundang sekelompok teman ke rumah.

Jika hampir semua orang yang dikenal bersama keluarga selama liburan, pertimbangkan untuk secara sukarela membantu mereka yang kurang beruntung daripada kita.

Banyak orang mengaku cukup puas dengan pengalaman ini dan fokus pada apa yang kita miliki daripada apa yang tidak dimiliki.

Baca Juga: Tips Liburan untuk Pasangan Suami Istri

4. Tetapkan Jadwal

Tetapkan jadwal.jpeg

Menempatkan rencana kita di atas kertas dapat menunjukkan kepada kita, apakah rencana-rencana tersebut cukup realistis. Mulailah dengan prioritas utama, sehingga kita akan dapat menghilangkan kegiatan yang kurang penting.

Pastikan untuk menjadwalkan dalam beberapa waktu untuk berjalan-jalan di alam setiap hari jika memungkinkan, karena olahraga dan paparan sinar matahari dapat secara drastis mengurangi stres.

5. Bernapas

Bernapaa.jpeg

Ini kedengarannya seperti hal yang sepele, tapi terkadang kita lupa untuk mengambil napas dalam-dalam dan benar-benar memberi tubuh oksigen yang dibutuhkan.

Karena itu, cobalah gunakan waktu selama 10 menit rian untuk melakukan meditasi pernapasan. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres negatif dalam hitungan menit.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi stres saat liburan. Selamat mencoba ya Moms!

(SERA)

Artikel Terkait