BAYI
6 Agustus 2020

Ini Penyebab Mata Bayi Belekan, Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

Mata belekan pada bayi kadang bisa jadi tanda serius dari penyakit tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Biasanya saat bangun tidur, di sudut mata akan muncul lendir atau yang sering disebut dengan belek. Mata bayi belekan memang umum terjadi ketika di pagi hari sesaat setelah Moms bangun tidur.

Moms mungkin juga ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab dan juga seperti apa cara mengatasi mata belekan pada bayi.

Tetapi, Moms tidak perlu khawatir. Karena mata belekan pada bayi baru lahir adalah kondisi yang umum dan jarang membutuhkan perhatian khusus.

Menurut American Academy of Ophthalmology, hampir 20 persen bayi baru lahir memiliki saluran air mata yang tersumbat.

Kondisi ini dapat terjadi karena ujung saluran air mata tidak terbuka dengan benar ketika bayi lahir. Saluran air mata yang tersumbat dapat memengaruhi satu atau kedua mata bayi.

Yuk, cari tahu apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasi mata bayi belekan berikut ini.

Baca Juga: Bayi Tidur dengan Mata Terbuka, Berbahayakah?

Penyebab Mata Bayi Belekan

Mata Si Kecil mungkin mengeluarkan lendir setiap saat dan membuat Moms khawatir. Sebenarnya, apa penyebab dari mata bayi belekan?

Belekan pada mata bayi terjadi karena saluran air matanya belum terbentuk sempurna. Jadilah air mata tidak dapat keluar sempurna. Seringkali, bayi menangis tanpa air mata. Kondisi ini tidak berbahaya selama tidak terjadi infeksi.

Mengutip Medical News Today, penyebab umum dari mata bayi yang belekan adalah saluran air mata yang tersumbat. Dokter kadang-kadang menyebut kondisi ini sebagai dacryostenosis atau obstruksi saluran nasolacrimal.

Air mata terbentuk di kelenjar lakrimal, yang berada tepat di atas mata. Cairan air mata membantu membersihkan dan melumasi permukaan mata.

Saluran air mata, atau saluran nasolacrimal, adalah saluran kecil yang berada di sudut mata dekat hidung. Ketika seseorang berkedip, kelopak mata menyapu cairan air mata ke saluran ini, yang mengalirkannya ke hidung.

Jika saluran air mata tersumbat, cairan air mata mungkin tidak lagi dapat mengalir keluar dari permukaan mata. Penyumbatan dapat menyebabkan mata sangat berair, dan cairan lengket dapat terbentuk di sudut-sudut.

Cari tahu lebih detail tentang apa yang membuat mata bayi belekan berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

1. Konjungtivitis

menggosok mata.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit ini dapat menyebabkan mata bayi belekan dan merah. Konjungtivitis sebenarnya adalah penyakit yang menyerang bagian konjungtiva alias bagian putih dari bola mata.

Dalam jurnal American Academy of Pediatrics, ophthalmia neonatorum (ON), atau disebut konjungtivitis neonatal, adalah istilah yang mencakup semua bentuk infeksi mukopurulen akut pada mata pada bayi usia 4 minggu.

Dr. Gary Heiting, dokter spesialis mata, mengatakan bahwa penyakit infeksi ini akan menyebabkan area putih bola mata berubah menjadi merah atau merah muda. Mata bayi jadi belekan dan merah.

"Bila belekan pada mata Si Kecil berwarna kuning atau kehijauan, itu tandanya mata sedang terinfeksi bakteri," jelasnya seperti dikutip dari All About Vision.

Menurut Raising Children, Moms juga harus berhati-hati karena penyebab mata bayi belekan ini bisa menular dengan mudah. Maka itu, jika Moms melihat belekan pada mata Si Kecil tak hilang-hilang dan memiliki warna khas, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

2. Alergi

Kotoran Mata Bayi Menumpuk, Infeksi Atau Penyumbatan Air Mata 03.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab mata bayi belekan juga bisa disebabkan oleh alergi. Alergi pada mata ini umumnya terjadi karena mata sang buah hati terkena alergen, seperti debu, serbuk bunga, atau bulu hewan.

Sama seperti konjungtivitis, selain menyebabkan mata bayi belekan, mata anak juga akan memerah. Namun tenang, mata merah yang kali ini tidak sampai menular kok, Moms.

Untuk pertolongan pertama, tentu Moms harus menjauhkan penyebab alergi pada mata anak. Bila memang tak mungkin dihindari, pakaikan Si Kecil kacamata untuk melindungi mataya.

Baca Juga: Pilihan Obat untuk Mengatasi Gatal-gatal Akibat Alergi

3. Bintitan

penyebab mata bayi belekan

Foto: Orami Photo Stock

Bintitan biasanya ditandai dengan bengkak di area kelopak mata. Anak-anak bisa dibilang cukup rentan mengalami hal ini karena tak sadar tangannya yang kotor menyentuh bagian mata hingga akhirnya iritasi dan bintitan.

Nah, salah satu gejala bintitan yang tak banyak Moms sadari adalah mata jadi belekan.

Tidak heran, saat mata Si Kecil bintitan, mata bayi belekan dan bisa memerah. Meski begitu, Moms tak perlu khawatir karena masalah mata yang satu ini kebanyakan bisa sembuh sendiri.

4. Infeksi Kelopak Mata

Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini 04.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Infeksi kelopak mata atau yang dikenal juga sebagai blepharitis ini menyebabkan mata bayi belekan dan merah di bagian kelopak. Pada kebanyakan kasus, blepharitis diakibatkan oleh infeksi jamur, mata kering, infeksi bakteri, dan parasit.

Untuk pengobatannya sendiri, hal ini tergantung dengan penyebab blepharitis. Bila memang cukup serius, dokter akan melakukan berbagai tindakan medis untuk mengatasinya.

5. Bayi Baru Lahir

Kotoran Mata Bayi Menumpuk, Infeksi Atau Penyumbatan Air Mata 01.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dikutip Medical News Today, dokter anak Dr. Karen Gill mengatakan, jika baru saja lahir, sebenarnya mata bayi belekan tak perlu dicemaskan karena cukup normal.

Bahkan sebagian besar kasus mata bayi belekan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. American Academy of Ophthalmology mengungkapkan ada sebanyak 20 persen bayi baru lahir mengalami hal ini.

"Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kelenjar air mata bayi yang baru lahir tersumbat. Jadi, hal ini menyebabkan air mata tidak bisa keluar dan akhirnya tersumbat," terangnya.

Moms tak perlu cemas, mata bayi belekan dan merah akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 4-6 bulan. Setelah itu, barulah Moms disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Beberapa penyebab mata bayi belekan memang tergolong ringan dan tak perlu dicemaskan.

Namun, Moms juga harus menjaga kebersihan mata sang buah hati. Pastikan selalu mencuci tangan setelah dari luar rumah dan toilet. Kebiasaan tersebut dapat mencegah infeksi mata yang dapat menyebabkan mata bayi.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Mata Bintitan Pada Anak

Cara Mengatasi Mata Bayi Belekan

cara mengatasi mata bayi belekan

Foto: Orami Photo Stock

Moms kini sudah mengetahui ragam penyebab mata bayi belekan, dan mungkin juga sedang mencari tahu seperti apa cara mengatasi mata bayi belekan dan merah.

Ada beberapa mitos yang berkembang di kalangan Moms soal cara mengatasi mata bayi belekan. Pertama, meneteskan ASI di mata bayi, dan satu lagi yaitu menjilat mata bayi dengan ludah basi. Apa benar begitu?

Dr. William Sears, ahli mata di Amerika mengatakan, beberapa pasiennya menggunakan ASI sebagai penyembuhan alami. Namun ASI bukan diteteskan pada mata bayi belekan, melainkan dioleskan di ujung mata dekat hidung.

Ketimbang menggunakan cara yang belum teruji kebenarannya ini, Moms bisa melakukan cara alternatif untuk mengatasi mata bayi belekan sebelah dan merah berikut ini.

1. Beri Pijatan

Cara mengatasi bayi belekan yang pertama adalah dengan memberi pijatan lembut di antara mata dan hidung bayi. Cara ini adalah yang terbaik untuk mengatasinya.

2. Bersihkan Belek

Lalu selanjutnya, gunakan kapas basah untuk membersihkan belek dari mata bayi. Cara membersihkannya adalah dari arah dalam ke luar.

Sebagai catatan, jika mata bayi menghasilkan cairan kuning atau hijau yang tebal, atau mata bayi belekan disertai kemerahan dan pembengkakan di sekitar mata, ini bisa jadi infeksi mata yang harus dievaluasi oleh dokter mata segera.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Anak!

3. Obat Tetes Antibiotik

Mengutip Seattle Children's Moms bisa menggunakan obat tetes mata antibiotik untuk meredakan mata anak yang belekan dan merah. Tetapi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakannya.

Jika Si Kecil sulit diteteskan obat tetes, Moms bisa menyuruhnya berbaring lalu teteskan 1 tetes di sudut mata bagian dalam.

Jika anak membuka mata atau berkedip, tetesan obat tetes mata tersebut akan mengalir masuk. Tetapi bila ia tidak membuka mata, tetesan itu akan meresap ke dalam mata.

4. Pergi ke Dokter

Pada umumnya masalah mata bayi belekan sebelah dan merah akan hilang ketika saluran air mata telah terbentuk sempurna, yaitu beberapa minggu kemudian.

Bila masalah tersebut tetap terjadi hingga bayi berusia 8 bulan, bawalah ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Nah itu dia Moms, penyebab dan bagaimana caranya mengatasi mata bayi belekan sebelah dan merah. Untuk informasi lebih lanjut, Moms bisa langsung berkonsultasi ke dokter, ya.

Artikel Terkait