BALITA DAN ANAK
6 Maret 2020

4 Penyebab Mata Bayi Belekan yang Bikin Moms Khawatir

Mata belekan pada bayi kadang bisa jadi tanda serius dari penyakit tertentu.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Biasanya saat bangun tidur, di sudut mata akan muncul lendir atau yang sering disebut dengan belek. Mata belekan memang umum terjadi ketika di pagi hari sesaat setelah Moms bangun tidur.

Penyebab Mata Bayi Belekan

Namun, mata Si Kecil mungkin mengeluarkan lendir setiap saat dan membuat Moms khawatir. Sebenarnya, apa penyebab dari mata bayi belekan?

1. Konjungtivitis

menggosok mata.jpg

Penyakit ini dapat menyebabkan mata bayi belekan. Konjungtivitis sebenarnya adalah penyakit yang menyerang bagian konjungtiva alias bagian putih dari bola mata.

Sr Gary Heiting, dokter spesialis mata, mengatakan bahwa penyakit infeksi ini akan menyebabkan area putih bola mata berubah menjadi merah atau merah muda.

"Bila belekan pada mata Si Kecil berwarna kuning atau kehijauan, itu tandanya mata sedang terinfeksi bakteri," jelasnya seperti dikutip dari Allaboutvision.com.

Menurut Raising Children, Moms juga harus berhati-hati, penyakit infeksi ini bisa menular dengan mudah. Maka itu, jika Moms melihat belekan pada mata Si Kecil tak hilang-hilang dan memiliki warna khas, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

2. Alergi

Kotoran Mata Bayi Menumpuk, Infeksi Atau Penyumbatan Air Mata 03.jpg

Penyebab mata bayi belekan juga bisa disebabkan oleh alergi. Alergi pada mata ini umumnya terjadi karena mata sang buah hati terkena alergen, seperti debu, serbuk bunga, atau bulu hewan.

Sama seperti konjungtivitis, selain menyebabkan belekan, mata anak juga akan memerah. Namun tenang, mata merah yang kali ini tidak sampai menular kok, Moms.

Untuk pertolongan pertama, tentu Moms harus menjauhkan penyebab alergi pada mata anak. Bila memang tak mungkin dihindari, pakaikan Si Kecil kacamata untuk melindungi mataya.

Baca Juga: Pilihan Obat untuk Mengatasi Gatal-gatal Akibat Alergi

3. Bintitan

Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai.jpg

Bintitan biasanya ditandai dengan bengkak di area kelopak mata. Anak-anak bisa dibilang cukup rentan mengalami hal ini karena tak sadar tangannya yang kotor menyentuh bagian mata hingga akhirnya iritasi dan bintitan.

Nah, salah satu gejala bintitan yang tak banyak Moms sadari adalah mata belekan. Tidak heran, saat bintitan, mata bayi belekan. Meski begitu, Moms tap perlu khawatir karena masalah mata yang satu ini kebanyakan bisa pulih sendiri.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Mata Bintitan Pada Anak

4. Infeksi pada Kelopak Mata

Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini 04.jpg

Infeksi kelopak mata atau yang dikenal juga sebagai blepharitis ini menyebabkan mata bayi belekan, memerah di bagian kelopak.

Pada kebanyakan kasus, blepharitis diakibatkan oleh infeksi jamur, mata kering, infeksi bakteri, dan parasit.

Untuk pengobatannya sendiri, hal ini tergantung dengan penyebab blepharitis. Bila memang cukup serius, dokter akan melakukan berbagai tindakan medis.

5. Normal Terjadi pada Bayi Baru Lahir

Kotoran Mata Bayi Menumpuk, Infeksi Atau Penyumbatan Air Mata 01.jpg

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, Dokter Anak Dr. Karen Gill mengatakan, jika baru saja lahir, sebenarnya mata bayi belekan tak perlu dicemaskan karena cukup normal. Bahkan sebagian besar kasus belekan pada mata bayi tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan tertentu.

American Academy of Ophthalmology mengungkapkan bahwa ada sebanyak 20 persen bayi baru lahir mengalami hal ini.

"Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kelenjar air mata bayi yang baru lahir tersumbat. Jadi, hal ini menyebabkan air mata tidak bisa keluar dan akhirnya tersumbat," terangnya.

Moms tak perlu cemas, mata belekan pada bayi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 4-6 bulan. Setelah itu, barulah Moms disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Beberapa penyebab mata belekan memang tergolong ringan dan tak perlu dicemaskan. Namun, Moms juga harus menjaga kebersihan mata sang buah hati. Pastikan ia selalu cuci tangan setelah dari luar rumah dan toilet.

Kebiasaan tersebut dapat mencegah infeksi mata yang dapat menyebabkan mata bayi.

(IA/ERN)

Artikel Terkait