KESEHATAN
10 Desember 2019

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini!

Beli kacamata baru atau ke dokter?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak penyebab penglihatan buram selama kehamilan ini.

Suasana hati yang naik turun dan tiba-tiba ngidam makanan kegemaran sudah biasa saat Moms menjalani kehamilan. Tetapi perubahan indera penglihatan, apakah Moms pernah mengalami?

Beberapa wanita menemukan penglihatan tidak setajam dulu saat sebelum hamil. Penglihatan tiba-tiba kabur, padahal sebelumnya biasa saja. Apa sih sebetulnya yang menjadi penyebab penglihatan buram selama kehamilan? Berikut ini penyebab umumnya.

Penyebab Penglihatan Buram Selama Kehamilan

1. Beralih Posisi Terlalu Cepat

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini! 01.jpg

Foto: carolinaparent.com

Wanita hamil mungkin mengeluh penglihatan kabur ketika mereka beralih dari berbaring ke berdiri terlalu cepat. Ini menjadi salah satu penyebab penglihatan buram selama kehamilan karena tidak banyak darah mengalir ke otak saat beralih posisi terlalu cepat. ’’Penglihatan mereka menjadi kabur, dan mereka mungkin merasa pusing juga,” jelas Robert O. Atlas, MD, ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di Mercy Medical Center di Baltimore.

Baca Juga: Benarkah Memakai Kacamata Malah Menambah Minus Mata?

2. Mengalami Pre-eklampsia

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini! 02.jpg

Foto: webmd.com

Beberapa wanita hamil juga mengalami pembengkakan selama kehamilan. Hal ini dapat berpengaruh pada penglihatan. Namun, biasanya hanya bersifat sementara dan merupakan ciri gejala kehamilan lainnya.

Tetapi ketahuilah bahwa beberapa kondisi kesehatan kehamilan, seperti preeklampsia, dapat menyebabkan pembengkakan retina juga. ’’Itu sebabnya penglihatan kabur merupakan keluhan beberapa pasien preeklampsia,” kata Robert.

Jika penglihatan kabur disertai dengan sakit kepala, bengkak, sakit perut dan kenaikan berat badan yang cepat, segeralah periksakan diri ke dokter. Sebab, bisa jadi preeklampsia jadi penyebab penglihatan buram selama kehamilan Moms.

3. Mengidap Diabetes Gestasional

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini! 03.jpg

Foto: aoa.org

Diabetes gestasional dapat menjadi penyebab penglihatan buram selama kehamilan. Glukosa dapat ‘bersemayam’ di lensa dan dapat menyebabkan perbedaan pada kornea. Visi buram juga bisa terkait dengan ablasi retina, yang kadang-kadang dapat disebabkan oleh gangguan hipertensi.

Baca Juga: Minus Mata Rendah, Bisakah Disembuhkan?

4. Morning Sickness yang Parah

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini! 04.jpg

Foto: mims.com

Dalam studi yang dilaporkan New England Journal of Medicine, morning sickness berlebihan juga dapat menjadi penyebab penglihatan buram selama kehamilan. Laporan tersebut menuliskan tentang seorang wanita hamil berusia 25 tahun dari Kanada. Dia memperhatikan adanya titik gelap dalam penglihatannya setelah episode morning sickness selama minggu ke-11 kehamilannya.

Sebuah pemeriksaan menunjukkan bahwa pembuluh darah di mata kirinya pecah selama muntahnya yang sangat kuat. Ini menyebabkan pendarahan di mata. ”Episode muntah hebat dapat meningkatkan tekanan darah wanita hamil, termasuk peningkatan tekanan pada pembuluh di dalam mata,” kata Dr. Netan Choudhry, direktur bedah vitreoretinal di Herzig Eye Institute di Toronto, yang merawat wanita itu. Peningkatan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di mata pecah, dan kemudian darah bisa terperangkap di dalam mata.

Temuilah dokter jika Moms mengalami penglihatan buram selama hamil. Jika ternyata itu hanya efek samping dari kehamilan, penglihatan Moms kemungkinan akan kembali normal setelah melahirkan. Jika perlu, untuk sementara pakailah kacamata daripada lensa kontak agar penglihatan lebih nyaman.

Itulah penyebab penglihatan buram selama kehamilan, Moms. Jangan panik dulu, langsung temui dokter saja jika mengalaminya!

Baca Juga: Bisakah Ibu dengan Mata Minus Melahirkan Normal?

(CIL/DIN)

Artikel Terkait