TREN
2 November 2017

4 Peralatan Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan

Dapur yang bersih adalah awal dari sajian yang higienis
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Dapur merupakan salah satu tempat di rumah yang dihuni oleh banyak kuman. Dapur digunakan untuk memasak sehingga banyak kotoran yang berasal dari bahan makanan. Kotoran juga bisa berasal dari sisa-sisa makanan.

Mama harus membersihkan peralatan dapur secara rutin agar makanan yang Mama sajikan tetap higienis sejak proses penyimpanan, pemasakan, hingga saat dihidangkan. Membersihkan peralatan ini juga bertujuan untuk menjaga keawetannya.

Berikut beberapa peralatan dapur yang harus rutin dibersihkan:

  1. Bak Cuci Piring

bak cuci piring

Bak cuci piring digunakan untuk membersihkan piring dan peralatan lain yang kotor. Perlengkapan dapur satu ini harus selalu bersih agar tidak mengotori peralatan masak atau makan yang telah selesai dicuci. Gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan bak dari kotoran atau gunakan cairan pembersih khusus jika bak cuci piring Mama terbuat dari stainless steel. Pastikan tak ada sisa makanan yang tertinggal.

  1. Kulkas

kulkas

Mungkin jika dilihat sekilas bagian luar kulkas Anda bersih. Tapi di bagian dalam, bisa jadi ada tumpahan makanan atau minuman yang tidak Mama sadari.

Keluarkan sebentar bahan-bahan makanan dari dalam kulkas agar bisa dibersihkan secara menyeluruh dan buanglah bahan makanan yang sudah tidak dapat digunakan lagi. 
Cuci semua rak-rak kulkas dengan sabun pencuci piring dan lap bagian dalam kulkas dengan baik.

  1. Permukaan Dapur

permukaan dapur

Lap permukaan meja, dinding, lantai, dan area lain di dapur. Bisa jadi ada cipratan atau tumpahan cairan seperti minyak atau air yang dapat menimbulkan noda sulit hilang jika terlalu lama dibiarkan.


Bersihkan dengan pembersih dapur khusus yang bisa menghilangkan bakteri serta kuman. Sebab, meja dapur yang kotor bisa mengontaminasi makanan yang sedang dimasak atau makanan yang sudah jadi.

  1. Microwave dan Kompor

membersihkan microwave

Selalu bersihkan microwave atau kompor setelah digunakan. Jika Mama memiliki masalah bekas makanan yang menempel di dinding microwave dan sulit dihilangkan, ada langkah mudah untuk membantu Mama.

Letakkan air di sebuah mangkok dan panaskan di microwave hingga mendidih. Uap air yang dihasilkan akan membuat kotoran lebih mudah dilap dan tidak lagi membandel. Untuk kompor, secara berkala, cuci bagian-bagian yang bisa dilepas menggunakan sabun.

Baca: Ini Dia 5 Bahan Alami untuk Membersihkan Peralatan Dapur

(OCH)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait