PROGRAM HAMIL
28 November 2018

4 Persiapan Penting Sebelum Hamil Agar Kehamilan Sehat dan Lancar

Banyak persiapan yang dianggap sepele!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Kehamilan sebaiknya tidak berjalan begitu saja. Moms wajib melakukan berbagai persiapan sebelum hamil agar kelak kehamilan menjadi sehat dan lancar.

Apa saja persiapan yang harus Moms lakukan sebelum hamil?

Tes Kesehatan

shutterstock 535504183

John R. Sussman, MD, seorang professor dari University of Connecticut School of Medicine mengungkapkan bahwa Moms dan pasangan harus mengetahui riwayat kesehatan masa lalu agar mengetahui risiko yang mungkin terjadi.

Beberapa penyakit yang mungkin mengganggu misalnya tiroid, diabetes, jantung dan lainnya. Tidak hanya penyakit fisik saja, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Jangan anggap sepele jika sering mengalami depresi atau kecemasan berlebihan. Sebab, ada hubungannya antara depresi saat hamil dengan kesehatan janin.

Moms dan pasangan juga sebaiknya melakukan tes kesehatan lengkap untuk mencari tahu masalah bawaan genetik yang mungkin terjadi pada anak di kemudian hari.

Sebanyak 1 dari 4 anak akan berisiko mengalami cacat bawaan pada orangtua yang membawa masalah genetik.

Baca Juga : Perlukah Detoks Sebelum Hamil?

Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat

shutterstock 450435049

Selain melakukan berbagai tes medis sebagai persiapan hamil, Moms juga harus menjaga kehamilan sehat dengan mengonsumsi asam folat. Suplemen dan vitamin asam folat sangat penting sebagai persiapan hamil.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mengonsusmi 400 mikrogram asam folat satu bulan sebelum hamil dapat mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf.

Asam folat juga baik untuk kesehatan Moms sepanjang trimester pertama. Makanan kaya asam folat seperti sayuran hijau dan buah-buahan seperti alpukat dan jeruk juga perlu dikonsumsi.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi

shutterstock 745644112

Asupan makanan juga harus dijaga meski Moms belum positif hamil. Pilihan makanan yang sehat harus mulai dilakukan sebagai persiapan sebelum hamil agar kelak memiliki kehamilan sehat.

Ganti makanan instan dan kurang sehat yang ada di kulkas dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan sehat.

Moms perlu mengonsumsi dua porsi buah dan sayuran setiap harinya. Perbanyak protein sehat yang terdapat pada biji-bijian. Serta, konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan aneka olahannya.

Baca Juga : 3 Bahan Makanan Simpel Ini Ternyata Sehat dan Bergizi

Jalani Gaya Hidup Sehat

shutterstock 442068829

Hal yang tak kalah penting sebagai persiapan hamil adalah gaya hidup yang sehat. Tidak hanya Moms, pasangan juga perlu hidup yang lebih sehat.

Hindari konsumsi alkohol dan juga hentikan kebiasaan merokok. Faktanya, Moms yang sering mengirup asap rokok dapat menurunkan peluang kehamilan.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menurunkan kualitas sperma yang juga menurunkan risiko kehamilan.

Ternyata ada banyak hal yang bisa Moms lakukan sebagai persiapan kehamilan. Minta dukungan tenaga medis jika Moms mengalami riwayat kesehatan di masa lalu yang cukup berat.

Jika tak ada persiapan, banyak risiko yang akan dialami seperti keguguran di trimester pertama kehamilan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh March of Dimes mengungkapkan sebanyak 80% keguguran terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Jadi, persiapan kehamilan apa yang sudah Moms lakukan?

(GSA)

Artikel Terkait