RUPA-RUPA
28 Mei 2019

4 Pertanyaan Basa-basi yang Pasti Ada Saat Lebaran, Begini Tips Menghadapinya!

Berapa banyak pertanyaan basa-basi yang Moms terima?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Lebaran akhirnya tiba, para umat Muslim pun merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Biasanya, salah satu tradisi dalam merayakan lebaran adalah dengan mengunjungi rumah keluarga dan kerabat saat mudik, atau datang ke rumah tetangga di lingkungan rumah.

Karena intensitas bertemu yang jarang, wajar jika beberapa orang tidak bisa menemukan topik yang menarik untuk dibicarakan.

Akibatnya, terjadi obrolan yang lebih menekankan kepada basa-basi semata, yang tidak jarang membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman.

Beberapa ini pertanyaan basa-basi Lebaran yang pasti akan Moms terima saat sedang silaturahmi!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kue Kering Lebaran

1. Pertanyaan “Apa Kabar?”

pertanyaan basa-basi lebaran

Pertanyaan basa basi Lebaran ini muncul sebagai kalimat untuk membuka percakapan.

Baik ketika Moms sudah lama bertemu dengan lawan bicara, atau bahkan kurang dari seminggu semenjak terakhir kali bertemu.

Pertanyaan ini mungkin juga dilontarkan untuk mengurangi suasana yang canggung, terutama jika Moms tidak begitu mengenal tetangga atau saat berbicara dengan anggota keluarga yang jauh.

2. Pertanyaan “Kapan...?”

pertanyaan basa-basi lebaran

Usai pertanyaan "Apa kabar?", pertanyaan ini juga menjadi salah satu basa-basi utama yang akan sering didengar dari kerabat dan keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

Entah apakah itu pertanyaan seperti, “Kapan punya anak?”, “Kapan mau menambah momongan?”, “Kapan mau mengenalkan calon pasangan?”, dan lain sebagainya.

3. Pertanyaan Seputar Fisik

pertanyaan basa-basi lebaran

Karena perayaan Idul Fitri yang terjadi setahun sekali, wajar jika saat Moms bertemu dengan anggota keluarga lain setelah bertahun-tahun lamanya tidak berjumpa.

Tentu saja, akan ada perubahan fisik yang bisa terjadi ketika hamil, sibuk mengurus anak sehingga tak sempat lagi berolahraga, dan faktor lainnya.

Moms harus siap-siap dengan pertanyaan basa-basi lebaran mengenai perubahan fisik.

Baik berat badan Moms bertambah atau berkurang, akan ada lawan bicara yang akan menanyakan seputar fisik ketika sedang silaturahmi saat Lebaran.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Nyaman bagi Ibu Hamil

4. Pertanyaan Membandingkan dengan Saudara

pertanyaan basa-basi lebaran

Setiap orang tentu ingin memiliki kehidupan yang lebih baik, tetapi masing-masing orang memiliki prosesnya sendiri. Sayangnya, banyak orang hanya memedulikan hasil yang terlihat saja.

Termasuk saat hari Lebaran ketika semua anggota keluarga berkumpul, entah apakah Moms dibandingkan dari kakak sendiri karena berhasil menjalani bisnis.

Atau, sepupu Moms yang memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan. Keponakan yang bisa menikah dengan suami yang lebih sukses dari suami Moms sendiri, dan lain sebagainya.

Lalu, apa yang sebaiknya Moms lakukan ketika dihadapi pertanyaan basa-basi Lebaran tersebut?

Baca Juga: Rumah Berantakan Pasca Libur Lebaran? Ini 5 Cara Membersihkannya!

Tips Menghadapi Pertanyaan Basa-basi Lebaran

pertanyaan basa-basi lebaran

Saat menghadapi pertanyaan basa-basi Lebaran, tentu saja Moms perlu mengontrol emosi. Selain membuat suasana jadi tak enak, tali persaudaraan pun juga akan ikut terpengaruh.

Sebaiknya, Moms cukup jawab seadanya saja sembari tersenyum. Bisa juga Moms mengalihkan ke topik lain dengan pertanyaan yang lebih baik.

Moms juga bisa berkumpul dengan saudara yang tidak memiliki hobi mencari tahu tentang hidup Moms. Dari sini, bisa dibangun percakapan yang menyenangkan, dan tidak merusak suasana hati.

Ingat, hari Lebaran hanya berlangsung sebentar saja, dan jangan sampai bisa merusak tali silaturahmi bertahun-tahun lamanya, Moms.

Artikel Terkait