JALAN-JALAN
21 Desember 2017

4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak Untuk Liburan Tahun Baru

Jangan ke mal melulu, Moms!
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Sudah memasuki akhir tahun baru, itu artinya Moms harus meluangkan waktu lebih bersama anak. Tapi jangan ke mal melulu, selain bosan, anak-anak jadi kurang bisa menambah pengalaman dan pengetahuannya. Moms bisa mengajaknya bermain sambil berwisata di tempat wisata edukasi.

Di sini, Moms bisa mengajak Si Kecil belajar sambil bermain. Sekarang sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitas edukasi sambil bermain. Jadi suasana belajar tidak akan terasa membosankan. Seperti cara menanam pohon, memetik buah yang benar, menggambar, dan outbond.

Berikut beberapa tempat wisata edukasi yang bisa jadi pilihan Moms dan anak yang sudah kami rangkum:

Godong Ijo

godong ijo
checkinjakarta.id

Bertempat di kawasan Bojongsari, Depok, Godong Ijo memberikan sarana wisata edukasi yang dibuat untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan anak. Terutama tentang kecintaan terhadap lingkungan.

Di sana terdapat beberapa paket menarik. Seperti The Young Greeners yang bertujuan untuk memahami konsep ekosistem, habitat, pemanasan global dan pertanian. Jangan takut bosan, kegiatan ini dikemas sedemikian rupa sehingga mudah diserap dan menyenangkan.

Ada pula Fast Learning Camp, anak akan diajak untuk lebih mengasah kinerja otak dalam megingat, konsentrasi, berpikir dan kreatif. Paket lainnya adalah koki cilik, bermain keramik atau tanah liat dan dokter kecil.

Alamat: Jalan Raya Cinangka KM 10 No. 60, Serua, Bojongsari, Jawa Barat 16517

De Ranch

de ranch
pergidulu.com

Berbeda dengan tempat sebelumnya, De Ranch menawarkan edukasi tentang berkuda. Berada di kawasan Lembang, Bandung yang dikeliling oleh pegunungan, menjadikan kegiatan berkuda akan sangat menyenangkan.

Saat datang ke sana, Moms akan diberikan kostum layaknya seorang koboi. Mengelilingi lokasi De Ranch sambil menunggangi kuda dan ditemani pemandu yang berpengalaman. Moms bisa mengikuti kursus merawat kuda, menjadi kusir,dan memerah susu sapi.

Alamat : Jalan Maribaya No 17. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Jakarta yang Jarang Diketahui

Rumah Stroberi

rumah stroberi
youtube.com

Masih di daerah Bandung, Moms bisa mampir ke Rumah Stroberi yang berada di Cigugur Girang, Parongpong, Lembang. Di sana, Moms bisa mengajak anak-anak untuk berpetualang memetik stroberi langsung dari kebunnya.

Alamat :Jalan Cigugurgirang No.145 Parongpong, Lembang - Bandung

Kampung Horta

kampong horta
kampunghorta.com

Kampung Horta berada di Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor. Di sana, para siswa dan siswi bisa melakukan banyak kegiatan edukasi langsung di tengah alam hijau.

Di antaranya pelatihan pembuatan boneka Horta, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut

Lokasi : Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor

(ICA)

Artikel Terkait