GAYA HIDUP
22 September 2020

Pemicu Kanker dari Pola Hidup yang Tidak Sehat. Waspada!

Hindari jika tidak ingin terkena kanker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gaya hidup yang tidak sehat, secara tidak langsung bisa menempatkan orang pada berbagai masalah kesehatan, seperti terkena penyakit jantung dan kanker umum, termasuk payudara, usus besar, dan prostat.

Para peneliti diHarvard Medical School menemukan bahwa sebesar 40% kasus kanker dan setengah dari kematian akibat kanker disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: Tinggalkan 7 Kebiasaan Buruk Dalam Mengasuh Anak Ini

Pola Hidup yang Memicu Kanker

Apa saja sebenarnya pola hidup yang bisa dianggapo sebagai pemicu kanker dalam tubuh? Simak di bawah ini yuk, Moms.

1. Minum Alkohol

pemicu kanker

Foto: Orami Photo Stock

Minum alkohol berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Menurut American Cancer Society, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menjadi pimicu kanker payudara, usus besar, kerongkongan, laring, hati, mulut, dan tenggorokan, Semakin banyak kita minum alkohol, maka semakin tinggi kemungkinan kita untuk mengembangkan kanker.

Alkohol meningkatkan risiko kanker karena dapat mengakibatkan iritasi. Sel-sel tubuh bisa rusak karena alkohol dan mungkin mencoba memperbaiki diri.

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

2. Minum Soda

makanan pemicu kanker - soda

Foto: Orami Photo Stock

Seperti alkohol, soda juga terbukti dapat menjadi pemicu kanker. Soda dipenuhi dengan gula, bahan kimia, dan pewarna buatan.

Umumnya, soda yang mempunyai warna cokelat dibuat dari zat 4-methylimidazole (4-MI) yang bisa menyebabkan kanker.

Tidak hanya soda biasa, soda diet juga bisa memicu kanker lho, Moms.

Makanan dengan label “diet” diproses kimia dan tidak menggunakan bahan alami, salah satunya pemanis buatan aspartame.

Aspartame adalah bahan makanan pemicu kanker, kelainan janin, dan gangguan jantung.

Soda biasanya, juga mengandung aditif untuk meningkatkan rasa enak dan ketagihan.

2. Tidak Cukup Tidur

pemicu kanker

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, orang dewasa membutuhkan rata-rata 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Jika kita tidak berusaha untuk tidur lebih banyak, maka dapat membahayakan kesehatan tubuh.

National Sleep Foundation menyebutkan bahwa kurang tidur juga bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan adanya hubungan antara jadwal kerja wanita yang tidak teratur dan tingkat kanker payudara.

3. Merokok

pemicu kanker

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun banyak orang tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan pemicu kanker, masih saja tidak ada yang peduli dan tetap melakukan hal tersebut.

Bahkan jika hanya merokok satu atau dua batang sehari, tetap saja masih bisa membahayakan tubuh. Merokok menyumbang 80% dan 90% kematian akibat kanker di antara wanita dan pria, menurut The American Lung Association.

Baca Juga: Benarkah Merokok Menyebabkan Mandul dan Rahim Kering?

4. Obesitas

pemicu kanker

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki kelebihan berat beberapa mungkin dirasa tidak banyak merugikan, namun beda ceritanya jika mengalami Obesitas. Kondisi ini juga dapat menjadi pemicu kanker, seperti kanker payudara, usus besar, kerongkongan, ginjal, dan pankreas.

Selain itu, memiliki terlalu banyak lemak perut juga bisa mengakibatkan kanker usus besar dan dubur yang lebih tinggi, serta risiko kanker pankreas, endometrium, dan payudara yang lebih tinggi.

Itu dia beberapa kebiasaan hidup tidak sehat yang dapat menjadi pemicu kanker. Pastikan Moms menghindari kebiasaan buruk tersebut dan menjalankan pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Cegah Kanker

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa antara 30-50% dari semua kasus kanker bisa dicegah. Pencegahan ini adalah strategi jangka panjang untuk mengendalikan terbentuknya sel kanker.

Jika Moms tertarik untuk membentuk pola hidup sehat pencegah kanker, berikut ini beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan bisa Moms lakukan dengan mudah.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru Untuk Menjaga Kesehatan

1. Berhenti Merokok

pola hidup sehat untuk mencegah kanker-berhenti merokok

Foto: Orami Photo Stock

Di seluruh dunia, merokok adalah pemicu kanker dengan risiko kematian terbesar, yang telah membunuh sekitar 6 juta orang setiap tahunnya.

Terdapat lebih 7000 bahan kimia yang terkandung di dalam asap rokok. Setidaknya 250 bahan kimianya diketahui berbahaya, dan lebih dari 50 zat diketahui sebagai pemicu kanker.

Merokok dapat menjadi pemicu kanker, seperti kanker paru-paru, kerongkongan, laring, mulut, tenggorokan, ginjal, kandung kemih, pankreas, lambung dan leher rahim.

Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif juga berisiko mengalami kanker paru-paru. Tembakau tanpa asap (tembakau oral, atau tembakau kunyah) menyebabkan kanker mulut, esofagus, dan pankreas.

2. Kurangi Minum Alkohol

pola hidup sehat untuk mencegah kanker-kurangi alkohol

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi alkohol dianggap sebagai pemicu kanker, termasuk kanker rongga mulut, faring, laring, kerongkongan, hati, kolorektum, dan payudara, menurut Harvard Health, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Maka dari itu, sebaiknya mulai kurangi minum alkohol sebagai pola hidup sehat untuk mencegah kanker. Terutama pada peminum aktif yang bisa semakin meningkatkan risiko pembentukan kanker.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Alkohol Turunkan Kualitas Sperma!

3. Rutin Berolahraga

pola hidup sehat untuk mencegah kanker-lakukan aktivitas fisik

Foto: Orami Photo Stock

Melakukan aktivitas fisik untuk menjaga berat badan dan tubuh sehat juga menjadi pola hidup untuk mencegah kanker. Pada jurnal Obesity & Cancer, disebutkan bahwa selain merokok, kelebihan berat badan juga jadi faktor risiko terbesar untuk kanker, seperti pada penjelasan sebelumnya.

Berat badan berlebih atau obesitas dapat berhubungan dengan pemicu kanker seperti kanker kerongkongan, kolorektum, payudara, endometrium, dan ginjal.

Aktivitas fisik yang teratur, pemeliharaan berat badan, mengatur pola makan yang sehat, dapat mengurangi risiko kanker dengan baik. Selain itu, juga bisa menurunkan risiko penyakit tidak menular lainnya.

4. Makan Makanan Sehat

pola hidup sehat untuk mencegah kanker-makan makanan sehat

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun mengonsumsi makanan sehat tidak bisa menjamin pencegahan kanker, namun pola hidup sehat ini mungkin dapat mengurangi risiko kanker. Mengutip Mayo Clinic, berikut beberapa tipsnya:

  • Makan banyak buah dan sayuran. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan makanan lain sumber nabati, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Jaga porsi. Makan lebih sedikit dengan memilih makanan berkalori rendah, hindari gula halus, serta lemak dari sumber hewani.
  • Batasi konsumsi alkohol. Minum hanya dalam jumlah sedang. Minum alkohol berlebih berisiko terhadap ragam jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan hati.
  • Kurangi makan daging olahan. Mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar dapat sedikit meningkatkan risiko kanker jenis tertentu.

Baca Juga: Mengenal Melanoma, Kanker Kulit yang Merenggut Nyawa Menantu Hatta Rajasa

5. Lindungi Diri dari Sinar Matahari

pola hidup sehat untuk mencegah kanker-kurangi paparan sinar matahari

Foto: Orami Photo Stock

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Mengutip World Cancer Research Fund, ada dua jenis utama kanker kulit: melanoma dan non-melanoma.

Kanker kulit melanoma adalah kanker ke-19 yang paling umum terjadi pada pria dan wanita, dengan hampir 300.000 kasus baru pada tahun 2018.

Sementara, kanker kulit non-melanoma adalah kanker ke-5 yang paling umum terjadi pada pria dan wanita, dengan lebih dari 1 juta diagnosa di seluruh dunia pada tahun 2018.

Karena itu, Moms perlu rajin menggunakan tabir surya minimal SPF 30 dan hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari paling kuat, sebagai pola hidup sehat untuk mencegah kanker.

Itu dia Moms, beberapa pola hidup sehat untuk mencegah kanker yang dapat dilakukan dengan mudah. Wajib hindari pola hidup tidak sehat pemicu kanker, ya Moms!

Artikel Terkait