PARENTING
31 Mei 2019

4 Rekomendasi Aplikasi untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

Download dan praktekkan pada Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat ini, berbagai informasi menjadi lebih mudah didapatkan dengan adanya smartphone dan internet.

Moms bisa mendapatkan informasi apapun hanya dengan menggeser layar gadget. Termasuk informasi tentang perkembangan Si Kecil.

Berbagai aplikasi bermunculan untuk membantu memantau tumbuh kembang anak, seperti perkembangan motorik setiap minggunya, bahkan hingga rangsangan agar anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan pertumbuhannya.

Yuk intip beberapa aplikasi tumbuh kembang anak yang bisa Moms pilih!

Baca Juga: 5 Aplikasi Smartphone Gratis untuk Memudahkan Pekerjaan Moms di Rumah

1. Teman Bumil

aplikasi tumbuh kembang anak

Kita awali sejak Si Kecil masih di dalam kandungan. Teman Bumil adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk digunakan.

Di dalamnya terdapat banyak referensi yang bisa digunakan ibu hamil dalam melewati masa kehamilannya.

Teman Bumil memiliki konten yang menarik. Misalnya terdapat beberapa tahapan atau persiapan dari semenjak hamil hingga menjelang melahirkan bagi ibu hamil, yang berbentuk ceklis.

Ini akan memudahkan Moms dalam melihat sejauh mana persiapan calon ibu menyambut bayinya.

Tentu ada juga konten tentang berbagai informasi bagi ibu dan janin berbentuk artikel, seperti resep makanan, referensi nama bayi, dan lainnya.

Tak lupa, Teman Bumil juga menyajikan konten Janin 360, yang memudahkan melihat perkembangan janin termasuk perkembangan organ janin.

Baca Juga: 5 Aplikasi Belanja Bulanan yang Praktis untuk Ibu Sibuk

2. Apikuan

aplikasi tumbuh kembang anak

Setelah melahirkan, salah satu aplikasi tumbuh kembang yang bisa Moms unduh adalah Apikuan.

Aplikasi ini dirancang khusus untuk orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anaknya hingga usia 2 tahun.

Konten di dalam aplikasi tumbuh kembang anak ini pun beragam. Mulai dari deskripsi perkembangan bayi setiap tahapannya, timeline pertumbuhannya, jadwal imunisasi hingga catatan harian yang bisa Moms masukkan sesuai dengan perkembangan yang ditunjukkan oleh Si Kecil.

Di Playstore, aplikasi ini mendapatkan rating bagus dengan mendapatkan bintang 5,0. dan ternyata, aplikasi ini dirancang oleh para mahasiswa keren dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), lho.

3. PrimaKu

aplikasi tumbuh kembang anak

PrimaKu adalah aplikasi tumbuh kembang anak buatan anak negeri lainnya. Aplikasi tumbuh kembang anak ini diprakarsai oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada orang tua sebagai pengguna untuk memantau tumbuh kembang anak sejak dini, secara berkala dan berkelanjutan.

PrimaKu juga memberikan sebuah kuesioner kecil-kecilan untuk mendeteksi keterlambatan tumbuh kembang anak, yang juga dilengkapi dengan cara stimulasi yang bisa diterapkan agar tidak terjadi keterlambatan.

Ada juga Kuesioner Praskrining Perkembangan (KPSP). Dengan memasukkan data anak, mulai dari tanggal lahir, tinggi badan, serta lingkar kepala, akan terlihat apakah pertumbuhan Si Kecil normal atau tidak.

Hal paling penting, PrimaKu terkoneksi langsung dengan dokter anak di seluruh Indonesia, yang disesuaikan dengan domisili Moms.

Saat mengunduh aplikasi ini, Moms akan mendapatkan ID atau nomor anak yang bisa langsung dikonsultasikan ke dokter anak.

Baca Juga: 6 Aplikasi Cashless yang Bikin Belanja Jadi Lebih Gampang

4. Chai’s Play

aplikasi tumbuh kembang anak

Aplikasi tumbuh kembang anak yang terakhir adalah Chai’s Play berisi aneka ide permainan edukasi untuk anak dan info parenting. Aplikasi ini diperuntukkan bagi para orang tua dengan anak usia 0-6 tahun.

Permainan edukasi yang ditawarkan sangat beragam, meliputi permainan bidang kognitif dan emosi, sensorik dan kelekatan, dan masih banyak lagi.

Permainan yang disarankan pun yang mudah dibuat dengan berbagai perlengkapan sederhana yang dapat ditemukan di sekitar rumah lho, Moms.

Semua permainan disesuaikan dengan usia Si Kecil, karena sebelum masuk ke aplikasi, Moms diharuskan mengisi data anak terlebih dahulu. Aplikasi yang baru tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Korea ini bisa didapatkan gratis di Playstore.

Melihat berbagai kelebihannya, tak ada salahnya jika Moms mengunduh aplikasi-aplikasi ini. Selain bisa memantau, juga bisa merangsang tumbuh kembang bayi tanpa harus keluar rumah.

(FAR/INT)

Artikel Terkait