TRIMESTER 3
19 Juni 2019

Agar Siap, Baca 4 Rekomendasi Buku Persiapan Melahirkan Ini!

Bisa membantu Moms mempersiapkan diri menjelang persalinan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehamilan adalah masa-masa membahagiakan sekaligus menegangkan bagi seorang ibu. Apalagi jika Moms akan melahirkan anak pertama, tentu butuh persiapan yang lebih matang.

Selain mengikuti kelas-kelas mengenai kehamilan dan parenting nantinya, membaca buku tentang kehamilan, termasuk di dalamnya mengenai persiapan melahirkan juga bisa Moms coba, lho.

Bahkan cara ini lebih efisien karena Moms bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Bahkan untuk mengisi waktu luang Moms juga bisa.

Tapi buku-buku persiapan melahirkan itu banyak lho, Moms. Agar tidak bingung dan bisa memilih buku yang tepat, Orami sudah merangkum buku persiapan melahirkan di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Diri Sebelum Persalinan

1. The Conny Method – (Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Tenang, Nyaman, Bahagia serta Penuh Percaya Diri) by Conny Widya Hermina dan Agus Wiraja (Rp60.000)

buku persiapan menghadapi persalinan, proses persalinan

Foto: ebooks.gramedia.com

Buku persiapan melahirkan ini ditulis oleh sepasang suami istri bernama Conny dan Agus yang tinggal di Bali, dan sudah berpengalaman sebagai praktisi gentle birth dan hypnobirthing selama bertahun-tahun.

Buku ini sendiri mereka tulis berdasarkan pengalaman sang istri saat melahirkan anaknya melalui proses gentle birth dan hypnobirthing.

Lalu karena merasa tenang, santai, dan bahagia ketika melalui proses persalinan ini, ia pun terinspirasi untuk membagikan pengalamannya ke para ibu lainnya.

Dalam buku ini, Moms akan dibuat lebih berani dan percaya diri untuk melahirkan. Buku persiapan menghadapi persalinan ini sangat lengkap, ada instruksi mengenai cara menstimulasi kontraksi, melenturkan tubuh saat akan melahirkan, hingga teknik-teknik hypnosis menjelang kelahiran.

Sangat bermanfaat sekali kan? Nah jika ingin memilikinya, Moms bisa mendapatkannya di toko buku online, atau toko buku Gramedia yang bisa dengan mudah ditemukan di mal-mal.

Baca Juga: 9 Makanan yang Tepat untuk Diet Pasca Melahirkan agar ASI Tidak Seret

2. Bebas Takut Hamil dan Melahirkan by Yesie Aprilia (Rp76.000)

buku persiapan menghadapi persalinan, proses persalinan

Foto: goodreads.com

Buku persiapan melahirkan selanjutnya ditulis langsung oleh seorang bidan bernama Yesie Aprilia. Selain seorang bidan, ia juga seorang pakar hypnobirthing.

Bukunya ini membahas tentang bagaimana kita sebagai ibu bisa mempersiapkan persalinan yang membahagiakan. Di sini dibahas mengenai teknik penapasan, fase persalinan yang akan dihadapi, hingga bagaimana melakukan induksi alami.

Uniknya, Moms juga akan diajarkan sedikit cara melakukan prenatal yoga yang akan sangat membantu Moms menjelang persalinan. Dengan buku ini, tidak ada lagi rasa takut untuk menghadapi kehamilan yang sering dirasakan para ibu muda.

3. Ina May’s Guide to Childbirth (Rp150.000)

buku persiapan menghadapi persalinan, proses persalinan

Foto: amazon.com

Selanjutnya ada buku persiapan melahirkan dari Ina May Gaskin, bidan terkemuka di Amerika Serikat yang menuangkan pengalamannya sebagai bidan yang membantu proses melahirkan selama 3 dekade dalam sebuah buku.

Jadi jangan heran jika berbagai hal akan dijelaskan secara terperinci di sini, mulai dari bagaimana proses melahirkan secara alami, hingga panduan-panduan untuk Moms yang akan melahirkan.

Buku persiapan menghadapi persalinan satu ini cocok untuk para milenial Moms yang mungkin masih perlu banyak belajar mengenai bagaimana cara merawat bayi saat sudah melahirkan.

Selain itu, berbagai penjelasan di buku ini sudah pasti terpercaya, karena ditulis langsung oleh bidan yang berpengalaman. Tertarik membeli Moms?

Baca Juga: Melahirkan dengan Induksi Persalinan, Adakah Dampaknya Bagi Janin?

4. Panduan Lengkap untuk Ibu Hamil by dr. Riyani Limoa SpOG (Rp159.000)

buku persiapan menghadapi persalinan, proses persalinan

Buku persiapan melahirkan satu ini cocok sekali untuk Moms baca karena membahas berbagai macam tips dari masa kehamilan, hingga masa-masa menjelang persalinan.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari buku ini. Seperti makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil, cara mengatasi gejala ibu hamil, kegiatan fisik yang tidak boleh dilakukan saat hamil, hingga tips mengurangi rasa sakit saat persalinan, semuanya dibahas dengan detail di buku ini.

Semua tips yang dibagikan di buku ini sangat praktis dan efisien untuk ibu terapkan di masa-masa kehamilan dan setelah persalinan. Buku ini bisa Moms beli dengan mudah melalui toko online, atau cari di toko buku terdekat.

Nah Moms sudah memutuskan buku apa yang akan dibeli? Atau mungkin Moms ingin membeli semuanya? Selamat membaca Moms!

Artikel Terkait