NEWBORN
25 Oktober 2017

4 Ritual Memandikan Bayi Yang Perlu Mama Ketahui

Agar kulit bayi bersih dan tetap lembut, gunakan selalu produk Pigeon Newborn Pure
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Mandi adalah perkara mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Namun apa yang terjadi bila Mama harus memandikan bayi yang baru lahir?

Tentu saja bagi orang tua baru, memandikan bayi menjadi salah satu tantangan tersendiri. Banyak Mama baru yang tegang dan takut apabila terjadi sesuatu terhadap bayi merah tersebut. Namun dengan sedikit latihan, dalam beberapa hari Mama akan mahir melakukannya.

Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi? Memandikan bayi dapat dilakukan kapanpun. Namun pilihlah waktu dimana Mama tidak memiliki banyak kegiatan sehingga ritual tersebut dapat dilakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Untuk memandikan Si Kecil, para Mama baru bisa menggunakan wastafel atau tempat mandi bayi yang terbuat dari plastik. Sebenarnya, sisa saja menggunakan bathtub untuk memandikan Si Kecil. Namun, jika Mama belum mahir, maka Mama akan kesulitan memposisikan tubuh.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Mama jadikan panduan untuk mulai memandikan si kecil.

1. Siapkan kondisi yang nyaman untuk bayi

shutterstock 110628125

Sebelum memandikan, pastikan ruangan yang Mama gunakan untuk memandikan bayi bertemperatur hangat. Selain itu, usahakan agar suhu air mandi tidak terlalu panas ataupun dingin. Usahakan agar segala hal yang diperlukan seperti sabun, sampo, dan handuk berada di dekat Mama.

2. Basuh wajah dan cuci rambut bayi terlebih dahulu

shutterstock 629083961

Pertama, letakkan bayi di lutut Mama lalu bersihkan wajahnya. Kemudian, basahi rambutnya dengan air. Setelah itu berikan sampo khusus bayi yang bebas paraben, formaldehyde, dan alcohol seperti Pigeon New Born Pure Shampoo. Kemudian bilas dengan hati-hati sampai bersih.

3. Mandikan bayi

shutterstock 341309876

Setelah Mama mencuci dan mengeringkan rambutnya, Mama bisa melepaskan popok dan membersihkan alat kelaminnya.

Selanjutnya, masukkan bayi ke dalam bak menggunakan satu tangan untuk menopang kepala, leher, dan bahu Si Kecil. Mama perlu berhati-hati sebab kulit bayi menjadi licin terkena air.

Usapkan sabun bayi ke seluruh tubuhnya. Jangan asal pilih sabun bayi ya, Ma. Pilih sabun yang mengandung Natulayer, yang dapat menstimulasi vernix atau lapisan pelindung kulit bayi pada saat baru lahir serta mengandung ceramide agar melindungi kulit dengan mempertahankan kelembapannya seperti Pigeon New Born Pure Body Wash.

Setelah selesai, bilas tubuh mungil tersebut dengan hati-hati. Pastikan kepala bayi tidak terkena air.

4. Berikan bayi perawatan kulit setelah mandi

shutterstock 341310281

Keluarkan bayi dari bak dan keringkan tubuhnya menggunakan handuk yang lembut. Pada saat seperti ini, Mama bisa memijat bayi dengan menggunakan body oil Pigeon New Born Pure Oil. Banyak bayi menyukai pijatan dan hal itu akan membuatnya tenang dan mengantuk.

Untuk menjaga kulit Si Kecil tetap terjaga dan lembut, Mama juga bisa memberikan Pigeon New Born Pure Lotion ke seluruh tubuhnya. Aplikasikan pula Pigeon Newborn Pure Cream untuk melindungi daerah kulit bayi yang rentan kering dan iritasi.

Setelahnya, bantu bayi Mama memakai pakaian yang bersih lalu selimuti dia dengan selimut yang hangat. Terakhir, berikan kecupan padanya.

Artikel Terkait