KESEHATAN
24 Juni 2019

4 Tanda Menstruasi Tidak Normal, Bisa Jadi Moms Alami Penyakit Ini

Konsultasikan ke dokter bila saat haid mengganggu rutinitas harian Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat menstruasi, sebagian besar perempuan mengalami satu atau dua hari terjadinya perdarahan yang lebih berat.

Tetapi jika Moms merasa terus-menerus ke kamar mandi untuk mengganti pembalut, ini mungkin bisa menjadi hal yang tidak biasa. Bisa jadi sebenarnya Moms memiliki penyakit Pendarahan Uterus Abnormal (AUB).

Sebanyak satu dari lima perempuan mungkin secara tidak sadar mengalami kondisi kesehatan ini, yang ditandai oleh masa menstruasi yang panjang dan berlebihan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

"Kondisi ini dapat secara negatif mempengaruhi kualitas hidup, dan juga dapat menempatkan Moms pada risiko untuk masalah kesehatan yang lebih serius seperti kelelahan, anemia, sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan bahkan penurunan kesuburan," jelas Peter D. Weiss, MD, dokter kandungan-ginekologi California.

Karenanya, ketahui tanda menstruasi tidak normal dan beberapa ciri-ciri mengidap penyakit AUB, dikutip dari Good Housekeeping.

Baca Juga: Bagaimana Mengurangi Nyeri Akibat Pra Menstruasi?

1. Moms Terus Mengganti Pembalut dan Disertai Gumpalan Darah

darah menstruasi

Tanda menstruasi tidak normal yang pertama adalah terus mengganti pembalut dan disertai gumpalan darah. Ada beberapa perempuan yang mengatakan bahwa mereka harus bangun di tengah malam untuk mengganti pembalut mereka dan beberapa harus lebih sering mengganti produk sanitasi mereka.

"Jika Anda harus menggunakan tampon super setiap jam atau menggunakan pembalut sebagai cadangan, itu memberitahu saya bahwa seorang pasien mengalami pendarahan di luar normal," kata dokter kandungan-ginekologi Holly R. Miller, MD.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah gumpalan darah. Gumpalan darah yang kecil dan sesekali tidak perlu dikhawatirkan, tetapi pendarahan mungkin berlebihan jika ada gumpalan yang berukuran seperempat atau lebih besar, menurut CDC.

2. Masa Menstruasi Lebih dari Seminggu

darah haid terlalu banyak, mungkin ini penyebabnya 3

Tanda menstruasi tidak normal yang selanjutnya adalah masa mestruasi yang panjang. Beberapa perempuan dengan pendarahan uterus abnormal memiliki masa haid yang menetap hingga 14 hari. Jika itu tampak seperti waktu yang lama, bisa jadi Moms mengalami AUB.

Dokter Miller menjelaskan, masa haid yang berlangsung lebih lama dari tujuh hari adalah tanda bahwa menstruasi mungkin lebih berat dari biasanya.

Segera berkonsultasi ke dokter untuk melihat apakah ini bisa menjadi pertanda AUB.

Baca Juga: Anak Menstruasi Pertama Kali? Ini Hal yang Wajib Kita Beritahu

3. Moms Benar-benar Kelelahan saat Menstruasi

hero mata lelah

Tanda menstruasi tidak normal yang selanjutnya adalah kelelahan saat menstruasi. Jika menstruasi cenderung berat atau bertahan selama lebih dari tujuh hari, Moms dapat mengalami anemia, suatu kondisi yang terjadi ketika memiliki terlalu sedikit zat besi dalam tubuh, menurut CDC.

Mengalami anemia dapat membakar energi, membuat Moms merasa lemah, dan menyebabkan sesak napas, menurut U.S. Department of Health & Human Services.

4. Menstruasi Memengaruhi Rutinitas Harian

hero sakit saat haid

Tanda menstruasi tidak normal yang selanjutnya adalah menstruasi memengaruhi rutinitas harian. Masa menstruasi yang berat bisa membuat Moms mengubah rutinitas harian, seperti mengganti pembalut, atau merasa lemas karena anemia.

"Beberapa pasien saya menceritakan mereka harus tinggal di rumah selama masa menstruasi mereka karena tidak bisa ke kamar mandi dengan cukup cepat," kata Dr Miller.

Jika Moms sampai tidak masuk kerja atau menolak kegiatan sosial, menstruasi yang berat mungkin akan memprihatinkan.

Baca Juga: Cara Merawat Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

Bila tanda-tanda di atas menggambarkan kondisi yang sedang dialami, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Moms. Jangan dianggap remeh ya Moms.

Artikel Terkait