PERNIKAHAN & SEKS
26 Juni 2019

4 Tips Agar Punya Hubungan Baik dengan Mertua yang Tinggal Serumah

Pahami bahwa ibu mertua bukan lah orang tua kandung
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi beberapa pasangan, tinggal dengan ibu mertua adalah hal yang rumit. Salah satu keluhan utama yang dirasakan ketika ibu mertua tinggal serumah adalah ketiadaan privasi, baik itu dengan pasangan maupun kerabat yang berkunjung ke rumah.

Pasangan yang tinggal serumah dengan mertua bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti alasan keuangan, atau agar mendapatkan bantuan untuk mengasuh anak ketika kedua orang tua bekerja.

Apa pun alasannya, sangat umum terjadi pertikaian kepribadian dan masalah lainnya dengan ibu mertua. Tetapi ada beberapa tips menghadapinya agar Moms punya hubungan baik dengan mertua yang tinggal serumah.

Ketika pasangan pindah dengan orang tua salah satu pasangan, atau ketika orang tua pindah dengan pasangan, itu adalah perubahan dalam struktur keluarga.

"Mengubah struktur keluarga dasar selalu berdampak pada hubungan semua orang, tidak peduli seberapa sederhananya, atau apapun alasannya," kata Diane Barth, psikoterapis yang berbasis di New York, dikutip dari Chicago Tribune.

Menurut Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie, ada beberapa tips agar punya hubungan baik dengan mertua yang tinggal serumah. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Pastikan Pasangan Sudah Setuju

ibu mertua tinggal serumah-4.jpg

Menurut Liza, rumah tangga merupakan kesepakatan antara suami dan istri. Sehingga, penting untuk membicarakan terlebih dahulu dengan pasangan bila ibu mertua hendak tinggal serumah.

"Rumah tangga adalah kesepakatan antara suami dan istri. Ketika ibu mertua memutuskan untuk tinggal bersama, pertanyaannya adalah apakah pasangan kita sudah setuju akan hal tersebut?" kata Liza.

Bila sudah disetujui bersama, Liza mengingatkan agar pasangan memahami bahwa ibu mertua bukan orang tua kandung, sehingga perlakuan yang dilakukan bisa saja tidak cocok dengan ibu mertua.

Baca Juga: Suka Duka Tinggal di Rumah Mertua

2. Pahami Ibu Mertua Bukan Orang Tua Kandung

ibu mertua tinggal serumah.jpg

Jika memang sudah disetujui bersama, yang harus diingat pertama kali adalah ibu mertua bukan orang tua kandung kita sendiri.

"Sehingga perilaku yang biasa kita lakukan untuk orang tua kandung kita mungkin kurang cocok dengan ibu mertua," jelasnya.

Menurut Liza, pemaksaan untuk menggunakan pendekatan yang sama dalam menjalin hubungan baik dengan mertua yang tinggal serumah seringkali bisa membuat konflik, karena mungkin saja menimbulkan sakit hati atau salah paham.

3. Belajar Fleksibel dan Tenang

ibu mertua tinggal serumah-3.jpg

Bagi Liza, penting juga untuk menjadi pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi, terutama dalam menghadapi ibu mertua yang seatap.

"Belajar mengobservasi serta banyak berdiskusi dengan pasangan bagaimana biasanya menghadapi sang ibu, dan yang terutama adalah jangan gampang terbawa perasaan (baper). Jangan sedikit-sedikit semua omongan dan tindakan ibu mertua dimasukkan hati," ungkapnya.

Baca Juga: Tinggal Serumah dengan Mertua, Akali Seks dengan 5 Trik Ini

4. Hormati Ibu Mertua

ibu mertua tinggal serumah-2.jpg

Penting dipahami, bahwa pada akhirnya ibu mertua merupakan orang tua yang harus dihormati, karenanya, bersikaplah dengan bijak kepada ibu mertua yang serumah.

"Belajarlah untuk bersikap sopan, banyak mengobrol dengan beliau, karena orang tua mana pun senang diajak mengobrol," jelasnya.

Jangan mendekam dalam rumah terus, tapi belajar juga untuk membuat batasan sehingga ibu mertua paham mana garis yang bisa dilewati, dan mana yang tidak bisa karena batasan ini menjadi teritori suami-istri pemilik rumah.

"At the end of the day, ibu mertua tetap orang tua yang harus dihormati," tutup Liza.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Mengambil Hati Mertua agar Selalu Disayang

Nah, itulah beberapa tips agar punya hubungan baik dengan mertua yang tinggal serumah. Semoga membantu ya Moms!

Artikel Terkait