JALAN-JALAN
2 Agustus 2018

4 Tips Berkendara Sepeda Motor bagi Wanita

Wanita pun bisa mandiri. Agar nyaman dan aman mengendarai sepeda motor, ikuti tips ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti
motor

Zaman sekarang, wanita sudah bisa melakukan hal apapun yang mereka mau. Contohnya, kini sudah banyak wanita menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Padahal, dahulu, pengendara sepeda motor didominasi kaum pria.

Walaupun demikian, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan. Berikut tips berkendara bagi wanita saat menggunakan sepeda motor:

Peralatan Dasar

motor helm

Saat mengendarai sepeda motor, Moms jangan malas memakai helm. Jangan takut rambut Moms kusut atau lepek, sebab keselamatan di jalan harus diutamakan. Pakailah helm dengan standar nasional.

Di samping itu, memakai jaket juga dibutuhkan jika Anda menempuh jarak yang cukup jauh. Selain untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari dan debu, memakai jaket juga meminimalisir Anda terserang masuk angin.

Tidak Memakai Sepatu Hak Tinggi

motor high heels

Jika Anda ingin nyaman saat berkendara, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. Moms bisa menggunakan flat shoes atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan Moms dalam mengendarai motor.

Baca Juga: Ini Model Sepatu yang Paling Nyaman untuk Traveling

Hindari Memakai Rok

motor rok

Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor untuk memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak.

Moms juga tentu ingin menghindari rok tersingkap di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang jika naik sepeda motor. Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana yang nyaman dipakai, baru ganti rok di toilet terdekat.

Memilih Tas

motor tas

Saat mengendarai sepeda motor, pilihlah tas yang mudah dibawa karena kedua tangan Moms akan dipakai berkendara. Misalnya, sling bag, backpack, atau totebag yang bisa dimasukkan ke dalam bagasi motor.

Hindari memakai handbag dan shoulder bag. Selain sulit dibawa, memakai shoulder bag saat mengendarai motor berisiko memancing tindakan kriminal seperti penjambretan yang kini sedang marak.

Apakah Moms juga mengendarai sepeda motor sehari-hari? Punya pengalaman buruk saat mengendarai sepeda motor? Semoga tips berkendara bagi wanita di atas dapat menghindarkan Moms dari bahaya dan ketidaknyamanan, ya.

(LMF)

Artikel Terkait