PERNIKAHAN & SEKS
2 Oktober 2019

4 Tips Keuangan Aman untuk Pasangan yang Baru Menikah, Ikuti, Yuk!

Keuangan aman dan terkendali jika semuanya didiskusikan dengan jujur
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak pasangan yang sudah menikah menganggap diri mereka sudah memiliki keuangan yang cukup. Berbagi keuangan secara alami telah menjadi bagian dari perjalanan setelah menikah, atau ketika kita sudah tinggal bersama dengan pasangan.

Namun yang namanya mengelola keuangan tidaklah mudah, apalagi untuk pasangan yang baru menikah. Banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus kita penuhi untuk membangun kehidupan rumah tangga yang baru. Salah mangelola keuangan sedikit saja, mungkin efeknya akan lumayan besar.

Baca Juga: Gaya Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak Anda

Bagaimana cara terbaik untuk mengelola keuangan untuk pasangan yang baru menikah? Meskipun dalam setiap hubungan rumah tangga pasti berbeda, beberapa tips berikut dapat membantu Moms dan pasangan terlepas dari kesulitan keuangan. Yuk kita intip.

1. Terbuka Mengenai Keadaan Keuangan

mengelola keuangan untuk pasangan yang baru menikah

Dilansir dari laman Simple.com, penting bagi setiap pasangan untuk terbuka tentang keadaan keuangannya. Memberi tahu pasangan tentang utang, pinjaman, sejarah kredit, dan sasaran uang kita dapat menjaga arus komunikasi tetap jujur, dan memastikan bahwa tidak ada rahasia yang tidak diinginkan di masa depan.

Jelaskan pada satu sama lain tentang bagaimana kita merasa bahwa uang harus ditangani, apa yang ingin diinvestasikan, dan seperti apa tujuan keuangan kita (seperti memiliki rumah atau mobil).

2. Bagi Tanggung Jawab Keuangan

mengelola keuangan untuk pasangan yang baru menikah

Cara terbaik mengelola keuangan pasangan yang baru menikah selanjutnya adalah dengan membicarakan tentang tanggung jawab keuangan masing-masing. Berapa yang harus dikeluarkan setiap bulan dan untuk keperluan apa.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

Jika sudah membagi secara adil, maka keterlambatan pembayaran akan diminimalisir dan kita bisa mengelola keuangan dengan aman.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan

mengelola keuangan untuk pasangan yang baru menikah

Menetapkan tujuan keuangan kita dengan pasangan penting untuk dilakukan demi menghindari kerugian di masa depan. Bahkan bisa membuat kita untuk berinvestasi pada hal-hal penting seperti rumah, uang pensiun, atau rencana liburan yang seru.

“Makanya penting bagi kita untuk memahami pemahaman dari pasangan kita mengenai pengelolaan keuangan yang diinginkan,” ujar Michelle Perry Higgins, kepala California Financial Advisors sekaligus penulis berbagai buku keuangan.

Membuat rencana-rencana besar dalam mengelola keuangan pasangan yang baru menikah akan memperkuat hubungan dan ikatan satu sama lain.

Baca Juga: 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda

4. Tetapkan Pengeluaran Bersama

mengelola keuangan untuk pasangan yang baru menikah

Memutuskan tentang berapa pengeluaran yang harus masing-masing orang keluarkan setiap harinya, baik itu untuk makan atau belanja, dapat membantu kita melacak keuangan kita agar tetap bisa menabung.

Selain itu juga dapat membantu kita terbebas dari keborosan. Berdiskusi tentang keuangan dengan pasangan dapat membantu memahami pendekatan kita terhadap pengeluaran dan tabungan. Hal ini akan membuat situasi lebih mudah ketika situasi keuangan yang buruk muncul.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dan pasangan akan bisa mengelola keuangan dengan baik dan aman.

(AWD)

Artikel Terkait