KESEHATAN
3 Agustus 2017

4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

Lihat beberapa cara ini agar tidak malas minum air putih
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Minum air putih merupakan tips sehat sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari. Namun pernahkah Mama memerhatikan berapa banyak air putih yang sudah diminum dalam satu hari? Kebutuhan tubuh akan air putih sangat tinggi, jadi penting untuk mengukur berapa banyak air yang sudah dikonsumsi, untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi.

Kebutuhan tubuh akan air ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain pertumbuhan badan secara keseluruhan, aktivitas sehari-hari dan perubahan cuaca di daerah tempat tinggal Mama. Dalam setiap aktivitas fisik, pembuangan racun-racun, dan pencernaan makanan, tubuh memerlukan air.

Sayangnya, masih banyak diantara kita yang malas minum air putih. Bisa karena lupa, atau tidak suka dengan rasa air putih. Padahal tubuh perlu tetap terhidrasi agar selalu sehat dan metabolisme berjalan lancar. Kalau Mama termasuk malas minum air putih, yuk coba beberapa hal berikut untuk membiasakan diri mengonsumsi banyak air putih.

  1. Jangan Biarkan Botol Minuman atau Gelas Kosong

Mama mungkin tiba-tiba menjadi sangat haus dan langsung menghabiskan segelas air putih tanpa sisa. Ciptakanlah kebiasaan untuk selalu mengisi kembali gelas atau botol yang kosong dengan air putih setelah Mama menghabiskannya. Tips ini mungkin terdengar aneh, bahkan rasa kenyang akan air putih akan membuat Mama menunda untuk mengisinya kembali. Jangan hiraukan rasa kenyang tersebut, toh Mama hanya perlu mengisinya kembali, bukan langsung meminumnya. Dengan selalu tersedianya air putih di dalam botol atau gelas di hadapan, Mama tidak akan menunda untuk minum air putih begitu terasa haus.

  1. Minumlah Menggunakan Sedotan

Meskipun tips sehat ini terdengar lucu, namun Mama bisa merasakan perbedaan minum dengan sedotan. Sedotan membantu Mama menyedot air dalam jumlah banyak tanpa membuat mulut terasa penuh. Dengan menggunakan sedotan, tanpa disadari, Mama bisa minum air putih lebih banyak.

  1. Minum Sebelum Makan

Tips sehat yang satu ini bisa jadi berlawanan dengan kebiasaan sehari-hari. Mungkin ada yang minum air putih setelah makan, namun kali ini cobalah mengubah kebiasaan yang ada dengan minum air putih sebelum makan. Tips sehat ini akan membantu menambah konsumsi air putih sebelum Mama kenyang oleh makanan. Hal ini juga dapat membantu Mama mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi dengan air putih.

  1. Minuman Selingan yang Tepat

Tips ini cocok untuk Mama yang tidak suka dengan rasa dari air putih. Mama bisa mengakalinya dengan menambahkan perasan jeruk untuk memberikan rasa dalam minuman. Seru juga, kalau Mama membuat infused water dengan berbagai macam kreasi. Namun demikian, tetap hindari mengonsumsi kafein jika Mama tidak ingin tubuh kehilangan banyak cairan.

Teknik untuk membiasakan diri minum air putih tidaklah sulit. Yang penting, tumbuhkan kemauan dalam diri Mama untuk rutin minum air putih mengingat manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

<ARK>

Artikel Terkait