BALITA DAN ANAK
11 November 2019

4 Tips Memilih Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, Ketahui di Sini!

Tak hanya sekadar memiliki kurikulum belajar yang baik
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus, ada banyak hal penting yang harus dipelajari Moms dan Dads sebagai orang tua selama bertahun-tahun.

Satu topik yang banyak dikhawatirkan oleh orang tua adalah bagaimana memilih sekolah anak berkebutuhan khusus yang paling tepat.

Selain mendapatkan pendidikan dan menjalani kehidupan sosial, Si Kecil perlu memiliki pengalaman menyenangkan di sekolah dan berada di lingkungan yang mendukung.

Karenanya, menemukan sekolah dapat menjadi lebih menantang jika Si Kecil adalah anak berkebutuhan khusus. Berikut ini tips memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga: 4 Mainan Terbaik Untuk Balita Berkebutuhan Khusus

1. Tentukan Prioritas

sekolah anak berkebutuhan khusus-1.jpg

Salah satu langkah pertama yang harus diambil ketika memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus adalah menentukan prioritas untuk pendidikan mereka.

Karena prioritas setiap keluarga akan berbeda dan tidak setiap sekolah dapat memberikan apa yang diharapkan orang tua.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami apa kekuatan dan kebutuhan Si Kecil, secara fisik, emosional dan mental, untuk mencari sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Sebaiknya pilih sekolah yang dapat menyesuaikan diri dengan kelebihan dan kebutuhan anak, mengingat ia akan bersekolah selama bertahun-tahun.

Apalagi, menurut jurnal Frontier Education, anak dengan kebutuhan khusus lebih efektif pendidikannya apabila transisi aktivitas mereka lebih halus dan meningkatkan aktivitas on-task.

Sehingga anak tidak perlu pindah sekolah jika terjadi perubahan yang sulit disesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil.

2. Kumpulkan Informasi Tentang Sekolah

sekolah anak berkebutuhan khusus-5.jpg

Mengutip Reading Rockets, Moms perlu mengumpulkan informasi dari sekolah-sekolah yang akan menjadi tempat Si Kecil mengampu pendidikan.

Seperti fasilitas apa saja yang tersedia, bagaimana dengan budaya di sekolah tersebut, guru-guru yang mengajar, juga kantin sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut.

Semua usaha dalam melakukan survei ini akan berharga, terutama dalam mencari sekolah yang cocok untuk anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Ketika Anak Sulit Berbaur dengan Teman Sekolahnya

3. Kunjungi dan Amati Sekolah Langsung

sekolah anak berkebutuhan khusus-4.jpg

Jika sudah memiliki cukup informasi lewat brosur atau mengunjungi pihak sekolah, Moms dapat langsung mengunjungi sekolah dapat melakukan survei di sana.

Hubungi sekolah yang diminati dan buatlah janji untuk berkunjung.

Jika memungkinkan, kelilingi sekolah selama jam sekolah reguler dan kunjungi beberapa kelas. Hindari mengunjungi sekolah selama minggu pertama atau terakhir suatu semester untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana sekolah beroperasi.

Dengarkan dengan cermat apa yang dikatakan guru tentang sekolah tersebut.

Para guru akan menjadi orang yang paling dekat dengan anak, dan Moms tentu ingin tahu apakah mereka siap, berdedikasi, dan bahagia dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga: Sekolah Bayi, Apakah Perlu? Ini 5 Fakta yang Harus Kita Tahu

4. Tentukan Pilihan Sekolah yang Cocok

sekolah anak berkebutuhan khusus-2.jpg

Setelah perjalan panjang dan menimbang kembali, Moms akhirnya sampai pada keputusan memilih sekolah untuk anak berkebutuhan khusus yang cocok.

Namun, pertimbangkan untuk melamar ke lebih dari satu sekolah, jika Si Kecil tidak diterima di pilihan pertama mereka.

Proses penerimaan juga dapat bervariasi. Anak mungkin perlu diuji atau diwawancarai, dan orang tua juga bisa perlu memberikan informasi lain yang dibutuhkan.

Pastikan Moms memiliki informasi yang akurat tentang kapan dan bagaimana cara mendaftar, serta pelajari tentang kriteria penerimaan di sekolah tersebut.

Itulah Moms, tips memilih sekolah anak berkebutuhan khusus. Apakah Moms sendiri pernah memiliki pengalaman yang sama?

(AP/DIN)

Artikel Terkait