2-3 TAHUN
8 November 2019

4 Tips Mempersiapkan Balita Masuk Sekolah untuk Pertama Kalinya

Ini yang dapat orang tua lakukan agar si Kecil makin siap menyambut hari pertama masuk sekolah.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Terpikir untuk mulai mempersiapkan balita masuk sekolah?

Bila anak balita sudah memperlihatkan tanda-tanda siap sekolah, saatnya Moms dan Dads mencari playgroup atau TK yang cocok bagi si Kecil.

Ada baiknya memang sekolah dimulai sedini mungkin. Sebab, menurut jurnal American Psychological Associations, anak yang memulai sekolah lebih dulu, bisa lebih baik prestasi akademis dan sosialnya ketika tumbuh lebih besar.

Nah, sambil menunggu tahun ajaran baru dimulai, ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mempersiapkan balita masuk sekolah.

1. Ciptakan Rutinitas Pagi

Tips mempersiapkan balita masuk sekolah untuk pertama kalinya (1).jpg

Foto: dailytopici.com

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan orang tua adalah mempersiapkan balita masuk sekolah pada pagi hari. Oleh karena itu, sebelum si Kecil sekolah, latih dia agar terbiasa dengan rutinitas pagi.

Rutinitas dimulai dari bangun pagi pada jam yang sama setiap hari, lalu dilanjutkan dengan mandi, menyikat gigi, mengenakan pakaian, sarapan, dan bersiap untuk ke sekolah.

Bila perlu, tuliskan urutan kegiatan itu pada kertas yang ditempelkan di dekat tempat tidur si Kecil agar ia belajar mempraktikkannya tiap pagi.

Baca Juga: 4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar!

2. Terbiasa dengan Jadwal

Tips mempersiapkan balita masuk sekolah untuk pertama kalinya (2).jpg

Foto: amotherfarfromhome.com

Mengikuti jadwal dapat membantu memuluskan transisi anak ke kegiatan terstruktur di prasekolah.

Menurut Rebecca Palacios, Ph.D., penasihat kurikulum senior untuk ABCmouse.com, dengan memiliki jadwal, anak akan belajar tentang keteraturan, pengurutan, dan konsep waktu.

Anak yang sudah terbiasa dengan jadwal atau rutinitas cenderung lebih lancar dalam menjalani transisi ke dalam kegiatan terstruktur di sekolah. Rutinitas juga turut mempersiapkan balita masuk sekolah secara mental.

Senada dengan Palacios, Julie Nelson, dosen pendidikan usia dini mengatakan, “Jika orang tua tidak menciptakan jadwal atau rutinitas bagi anak di rumah, si Kecil cenderung lebih sulit beradaptasi dengan suasana di sekolah.”

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

3. Biasakan Membaca untuk Anak

Tips mempersiapkan balita masuk sekolah untuk pertama kalinya (3).jpg

Cara lain mempersiapkan balita masuk sekolah adalah rutin membacakan cerita kepadanya. Aktivitas ini penting karena akan membantu anak memahami berbagai kosakata baru.

Menurut Palacios, membacakan cerita kepada anak juga berarti membiasakan si Kecil untuk berimajinasi, yaitu kemampuan penting untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Bonusnya, Moms turut menanamkan kebiasaan membaca sejak dini kepada si Kecil.

Baca Juga: Si Kecil Termasuk Balita Introvert? Yuk Didik Dengan 4 Cara Ini!

4. Tidak Perlu Berlebihan

Tips mempersiapkan balita masuk sekolah untuk pertama kalinya (4).jpg

Sekolah pertama anak memang hal yang istimewa. Tetapi, orang tua dianjurkan untuk tidak memperlakukan momen hari pertama anak masuk sekolah secara berlebihan, seperti misalnya berkata sekolah adalah tempat si Kecil akan menjadi pintar.

Atau, berulang kali berkata di sekolah si Kecil akan punya banyak teman.

Semua itu adalah harapan yang bagus, namun, menurut Silvana Clark, guru prasekolah di Bellingham, Washington, dan penulis buku 600 Tips for Early Childhood Directors, ucapan seperti itu ternyata juga bisa membuat anak terbebani dan jadi gugup.

Sebaliknya, Clark menyarankan orang tua agar secara santai memunculkan kesan sekolah adalah tempat untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti bernyanyi dan bermain bersama.

(AN/DIN)

Artikel Terkait