GAYA HIDUP
3 November 2019

4 Tips Memulai Kerja Kembali Setelah Cuti Melahirkan

Jangan terlalu keras pada diri sendiri
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketika Moms pertama kali mulai cuti melahirkan, mungkin terasa seperti memiliki waktu yang hampir tak ada habisnya. Tetapi minggu-minggu tersebut pasti rasanya cepat sekali berlalu dan hari-hari cuti hamil pun mulai mendekati akhir.

Bila sudah seperti ini, Moms harus kembali mempersiapkan waktu datanglah transisi kembali ke tempat kerja, yang seringkali bisa menjadi tantangan jika sudah lama tidak masuk kantor.

Hal ini bisa menjadi momen yang emosional bagi Moms, karena harus meninggalkan Si Kecil yang masih bayi. Kita pasti akan merasa sedih meninggalkan bayi. Namun meninggalkan bayi pada tenaga pembantu profesional mungkin akan membuat Moms merasa lega.

Apapun yang Moms rasakan, semuanya adalah normal, karena hal ini merupakan transisi besar bagi banyak wanita, setelah melahirkan.

Baca Juga: 5 Negara dengan Cuti Melahirkan Terlama

“Kembali bekerja setelah berada di rumah lumayan lama dengan bayi yang baru lahir adalah transisi yang sangat besar,” kata Daisy Wademan Dowling, pendiri dan CEO Workparent, perusahaan konsultan untuk orang tua yang bekerja.

Namun jangan khawatir Moms, di bawah ini ada beberapa tips untuk mulai kerja kembali setelah melahirkan. Yuk kita lihat.

1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

kembali bekerja setelah cuti melahirkan

Foto: hbr.org

Menurut Daisy Wademan Dowling, hal pertama yang bisa dilakukan saat kembali bekerja setelah cuti melahirkan adalah coba untuk mengatur emosi kita di dua atau tiga minggu pertama saat mulai bekerja.

Perasaan seperti lelah, frustasi, meragukan diri sendiri adalah hal yang wajar. Bahkan bisa saja Moms juga mengalami perdebatan dengan diri sendiri mengenai kembali bekerja atau menetap di rumah saja. Hanya karena kita merasa sedih atau khawatir, bukan berarti akan terasa seperti ini selamanya.

“Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri," tutur Denise Rousseau, profesor perilaku organisasi dan kebijakan publik di Universitas Carnegie Mellon.

Baca Juga: Mengantuk Saat Bekerja? Ini 4 Trik Mengatasinya Agar Kembali Segar

2. Pertimbangkan Jadwal Kita

kembali bekerja setelah cuti melahirkan

Foto: whattoexpect.com

Membuat transisi kembali bekerja setelah cuti melahirkan "tidak akan pernah mudah," tetapi ada banyak aspek yang dapat kita kelola dan rencanakan.

Misalnya, pertanyaan apakah kita kembali secara bertahap dengan bekerja beberapa hari seminggu atau melanjutkan pekerjaan penuh waktu sejak awal. Tidak semua orang melakukan pilihan, tetapi jika Moms melakukannya, bisa mempertimbangkan semuanya dengan lebih baik.

3. Bicarakan dengan Atasan

kembali bekerja setelah cuti melahirkan

Foto: workingmother.com

Mungkin tidak dihari pertama saat kembali setelah cuti melahirkan, namun dibeberapa titik, kita harus jujur dan membicarakan hal ini dengan atasan.

Akui bahwa "beberapa minggu ke depan mungkin tidak akan mudah", emosi kita mungkin akan naik turun. Tetapi jelaskan bahwa Moms masih berkomitmen penuh untuk pekerjaan dan perusahaan.

"Pikirkan tentang apa yang kita butuhkan dari atasan dan bagaimana caranya membangun situasi bekerja paling baik untuk kita,” tambah Daisy Wademan Dowling.

Baca Juga: Hanya Cuti 6 Minggu, Ini yang Dilakukan Perdana Menteri Selandia Baru Setelah Melahirkan

4. Jangan Berekspektasi

kembali bekerja setelah cuti melahirkan

Foto: workingmother.com

Pada hari-hari awal kembali bekerja setelah cuti melahirkan, akan bijaksana bila memikirkan bagaimana Moms dapat mengatur kembali diri secara profesional.

“Pikirkan tentang "apa yang membuat kita istimewa atau berbeda," kata Daisy Wademan Dowling.

Kemudian pertimbangkan cara memodifikasi hal tersebut agar sesuai dengan kehidupan baru kita. Tujuannya adalah mengatur ulang harapan kita untuk diri sendiri. Jika tidak, kita akan memainkan peran yang sebenarnya sudah tidak cocok untuk kita.

Itu dia Moms beberapa tips untuk memulai kerja kembali setelah cuti yang lama. Semoga bermanfaat!

(AWD/DIN)

Artikel Terkait