2-3 TAHUN
29 Oktober 2019

4 Tips Mengajak Si Kecil Ikut Playdate untuk Pertama Kali

Agar kegiatan playdate anak menyenangkan, simak dulu tips ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Salah satu cara melatih anak balita bersosialisasi adalah melalui playdate.

Playdate adalah acara bermain bersama yang dihadiri oleh dua anak atau lebih. Playdate direncanakan oleh beberapa orang tua agar anak-anak mereka dapat berkumpul dan bermain bersama.

Jika Moms bertanya-tanya tentang perlu atau tidak mengajak si Kecil mengikuti playdate, jawabannya ternyata perlu, Moms. Sebab ada banyak manfaat yang bisa didapat anak balita dengan mengikuti playdate.

“Interaksi sosial adalah bagian penting dari proses perkembangan anak,” kata Christina Mirtes, Ph.D., dosen pendidikan anak usia dini di Eastern Michigan University di Ypsilanti.

Playdate, menurut Mirtes, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua dalam memfasilitasi anaknya belajar berinteraksi dengan anak usia sebaya.

Dikutip dari situs web Metro Parent, riset membuktikan bahwa interaksi sosial dengan anak-anak lain adalah cara yang sangat sehat bagi si Kecil untuk mengembangkan domain sosial, emosional, kognitif, bahasa, dan fisik.

Bila Moms dan si Kecil belum pernah mengikuti playdate, intip dulu tips playdate pertama kali berikut ini.

1. Pilih Waktu yang Nyaman bagi Anak

Tips mengajak si Kecil ikut playdate untuk pertama kali (1).jpg

Foto: mumcentral.com.au

Agar si Kecil dapat menikmati waktu bersosialisasinya, pastikan Moms memilih waktu yang nyaman, yaitu saat mood si Kecil sedang bagus, Moms. Biasanya, mood anak balita paling bagus pada pagi hari atau sore setelah ia tidur siang. Hindari membuat jadwal playdate di jam tidur anak karena ia malah akan mengantuk, rewel, dan tidak menikmati kegiatan bermain.

2. Ajak Teman Favorit Si Kecil

Tips mengajak si Kecil ikut playdate untuk pertama kali (2).jpg

Foto: huffingtonposts.co.uk

Tips playdate yang kedua adalah melibatkan si Kecil dalam perencanaannya. Tanyakan pada anak adakah temannya yang ingin diajak ikut playdate. Kemudian undang orang tua atau ibu anak tersebut agar datang ke playdate yang sedang Moms rencanakan. Mengetahui bahwa ia akan bertemu temannya itu, si Kecil tentu makin tak sabar menanti waktu bermain bersama.

3. Maksimal 2 Jam

Membatasi waktu bermain tidak lebih dari 2 jam adalah tips playdate yang patut diingat, Moms. Sebaiknya sudahi kegiatan bermain saat anak-anak masih dalam mood yang bagus, belum bosan atau kelelahan.

4. Jangan Kapok

Tips mengajak si Kecil ikut playdate untuk pertama kali (3).jpg

Foto: radionursery.com

Tenang, Moms, playdate pertama tak selalu berjalan dengan lancar atau menyenangkan. Alih-alih bermain dengan anak-anak yang lain, bisa jadi si Kecil malah lebih senang bermain sendiri dan enggan berinteraksi dengan teman-teman barunya.

Tips playdate untuk Moms: Tak perlu menyesal atau kapok membawa si Kecil ikut playdate. “Bagaimana pun juga, pengalaman pertemanan pertama mengajarkan keterampilan sosial yang penting bagi anak, seperti berbagi, sopan santun, dan bekerja sama,” ujar Annie Thiel, Ph.D., penulis buku seri The Playdate Kids.

Nah, Moms. Itulah segenap tips playdate pertama kali si kecil sehingga senantiasa menyenangkan. Agar Moms tidak kehabisan ide untuk playdate lagi, ikuti tautannya di sini, ya.

6 Rekomendasi Menu Makanan Untuk Playdate Anak

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengajak Anak Playdate!

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Anak Hendak Playdate

(AN/DIN)

Artikel Terkait