GAYA HIDUP
13 September 2019

4 Tips Menghilangkan Bau Kaki

Simak caranya ya Moms! Dijamin, bau kaki hilang!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ketika suhu naik, tubuh, termasuk kaki akan lebih sering berkeringat. Ditambah, jika kamu memakai sepatu yang lembap, maka bisa berakibat bau kaki yang dipicu keringat.

Hal ini, menurut ahli penyakit kaki, Joy Rowland, menciptakan bau yang tambah tak sedap.

"Bakteri dan jamur dan semua serangga kecil itu menyukai panas, kelembapan, gelap, dan bagian dalam sepatu adalah tempat yang persis seperti itu," jelasnya.

Baca Juga: Sebenarnya Apa Penyebab Bau Kaki?

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah beberapa saran dari Rowland tentang cara menghentikan bau kaki.

1. Rendam Kaki

bau kaki

Rowland merekomendasikan untuk merendam kaki dalam campuran cuka dan air atau Epsom salt (biasa disebut garam Inggris) dan air.

Untuk merendam garam, larutkan setengah cangkir Epsom salt dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garam Epsom menarik kelembapan dari kulit, membuat bakteri enggan untuk bertahan hidup.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Bau Kaki yang Mengganggu

Untuk merendam cuka, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama 15 hingga 20 menit seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan cuka putih atau apel.

Cuka membuat kulit tidak ramah terhadap bakteri. Namun, kamu harus hati-hati. Jangan gunakan rendaman ini jika kaki memiliki luka terbuka, goresan. Sebab, hal tersebut bisa mengiritasi kulit.

Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait