PROGRAM HAMIL
19 November 2017

4 Tips Mencegah Flu Saat Hamil

Janga sampai sakit ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Selama masa kehamilan, tubuh wanita menjadi lebih rentan akan penyakit. Adapun penyakit umum yang mudah terserang adalah flu.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi ibu hamil umumnya akan menghindari minum obat agar tidak terjadi risiko pada perkembangan janin. Bila flu dan batuk dibiarkan, tentu akan menyebabkan perut menjadi kejang dan membahayakan janin.

Lalu bagaimana caranya mencegah flu pada ibu hamil?

1. Sering mencuci tangan

shutterstock 100776622

Virus sangat mudah menempel di tangan. Untuk itu cuci tangan Moms sebelum makan dan setelah berpergian.

Walaupun sering didengar dan terdengar sangat sederhana, namun tangan yang bersih memang dapat mencegah penyakit datang ke tubuh Moms. Jangan menyepelekan cuci tangan, apalagi jika Moms sedang mengandung buah hati tercinta.

2. Jaga jarak dengan orang yang terkena flu

shutterstock 680919733

Bila mengetahui rekan kerja atau anggota keluarga yang ada di rumah terserang flu, sebaiknya jaga jarak dengan mereka. Moms bisa menyarankan orang tersebut untuk menggunakan masker.

Baca Juga : 5 Kebiasan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

3. Suntik kebal terhadap flu

shutterstock 650761267

Walaupun terdengar ekstrim, suntik kebal terhadap flu bisa menjadi salah satu pilihan bagi Moms. Terutama bila Moms harus tetap sibuk berkegiatan di luar rumah atau berada pada iklim yang tidak ramah.

Moms bisa datang ke dokter agar diberikan suntikan cairan untuk kekebalan tubuh. Hal ini aman dilakukan karena penelitian menunjukkan bahwa cara ini dapat melindungi bayi dalam kandungan Moms dari virus. Namun sebelumnya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter apakah cara ini benar-benar perlu dilakukan.

4. Perbanyak konsumsi buah

shutterstock 613494896

Buah-buahan dapat membantu tubuh melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh apalagi di musim penghujan yang rentan menyebabkan flu.

Vitamin yang terdapat dalam buah menjaga kekebalan tubuh pada level yang tinggi, sehingga tubuh tak lekas rentan terhadap flu dan demam. Selain jeruk, buah yang ampuh mencegah flu antara lain buah apel, kiwi, pepaya, pisang, cranberries, dan lainnya.

Nah, itulah tadi tips mencegah flu pada ibu hamil yang bisa Moms lakukan.

(HEI)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait