KESEHATAN
19 April 2020

4 Tips Menjaga Pita Suara Agar Tetap Sehat, Simak di Sini!

Suara adalah aset berharga kita untuk berbicara dengan orang lain
placeholder

Foto: Alodokter.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam banyak hal, suara semua orang memiliki keunikannya masing-masing. Suara dihasilkan di tenggorokan kita oleh 2 pita jaringan otot yang disebut lipatan vokal, yang berada di bagian atas tenggorokan kita. Laring, yang biasa disebut kotak suara, menampung lipatan vokal.

Saat berbicara, lipatan-lipatan ini akan menyatu saat udara dari paru-paru menerobosnya. Udara yang berhembus melalui lipatan membuatnya bergetar. Getaran membuat gelombang suara yang mengalir melalui tenggorokan, hidung, dan mulut.

Baca Juga: Menegur Anak dengan Meninggikan Suara, Bolehkah?

Ukuran dan bentuk struktur ini menciptakan nada, kenyaringan, dan nada suara. Itu sebabnya suara setiap orang terdengar sangat berbeda.

“Suara kita menambahkan lapisan makna pada kata-kata,” kata Dr. Lana Shekim, ahli suara dan bicara di News in Health. Apakah kita sedang gembira, kecewa, atau berduka, suara membantu menyampaikan emosi kita kepada orang lain, dengan atau tanpa kata-kata.

Makanya Moms, suara menjadi aset penting kita untuk berbicara dengan orang lain. Menjaga pita suara tetap sehat adalah salah satunya.

Tips Menjaga Pita Suara Tetap Sehat

Bagaimana agar pita suara kita tetap sehat? Berikut caranya.

1. Banyak Minum Air Putih

menjaga pita suara

Foto: healthline.com

Minumlah air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan hindari alkohol dan kafein. Pita suara kita bergetar sangat cepat, dan memiliki keseimbangan air yang tepat untuk membantu membuatnya dilumasi.

Catatan penting, makanan yang mengandung air dalam jumlah besar adalah camilan yang sadar akan hidrasi, termasuk apel, pir, semangka, persik, melon, anggur, prem, dan paprika.

Baca Juga: Olah Buah Pir Untuk MPASI Si Kecil, Banyak Manfaatnya!

"Dalam menjaga suara tetap sehat, selalu ingat, apa yang baik untuk kesejahteraan kita, baik untuk suara juga," ujar. Dr. Lana Shekim. Menurutnya, minum banyak air dan menggunakan suara lebih sedikit akan membantu menghilangkan suara serak dari penyalahgunaan atau penggunaan berlebihan.

2. Istirahatkan Suara

menjaga pita suara

Foto: livescience.com

Mengutip dari Live Science, biarkan diri kita mengistirahatkan suara sebentar setiap hari, terutama selama periode penggunaan yang lama.

Misalnya, jika Moms seorang guru harus menghindari berbicara selama istirahat di antara kelas dan menemukan cara tenang untuk menghabiskan waktu makan siang daripada berbicara di ruang staf yang berisik dengan kolega.

3. Jangan Membersihkan Tenggorokan Terlalu Sering

menjaga pita suara

Foto: newsinhealth.nih.gov

Ketika membersihkan tenggorokan, rasanya seperti membenturkan pita suara secara bersamaan. Melakukannya dengan terlalu sering, bisa melukai pita suara dan membuat suara terdengar parau.

Baca Juga: Meski Terdengar Seksi, Ini Bahaya yang Ada di Balik Suara Serak

Norman Hogikyan dan rekannya di Sistem Kesehatan Universitas Michigan mengatakan bahwa Cobalah untuk meneguk air atau menelan sesuatu untuk memuaskan keinginan membersihkan tenggorokan.

4. Jangan Merokok

menjaga pita suara

Foto: medium.com

Dilansir dari situs Helath Cleveland Clinic, jika Moms atau keluarga perokok berat, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti mengonsumsi rokok. Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan, dan menghirup asap (bahkan asap rokok) dapat mengiritasi pita suara.

Itu dia beberapa cara untuk menjaga agar pita suara tetap sehat. Dicoba ya Moms.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait