PERNIKAHAN & SEKS
3 Februari 2019

4 Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Mertua

Siapa bilang akur dengan mertua itu sulit?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Sebuah pernikahan bukan hanya menyamakan perbedaan pribadi pasangan suami istri saja. Banyak hal yang harus diadaptasikan saat masuk ke kehidupan berumahtangga. Salah satunya adalah bagaimana berperilaku yang baik di hadapan mertua.

Tak jarang mertua menjadi sosok yang disegani, atau bahkan kebanyakan orang menganggap mertua sebagai “pengganggu” dalam urusan rumah tangga. Tapi jangan berpikiran negatif dulu Moms, berikut tips menjalin hubungan yang harmonis dengan mertua yang bisa Moms praktikan langsung.

1. Menghormati

Meskipun Moms sudah akrab dengan mertua jauh sebelum pernikahan, baiknya Moms tetap menjaga sopan santun dalam bertutur kata. Jangan karena alasan sudah nyaman, Moms bisa seenaknya dengan mertua. Hormatilah mertua, sebagaimana Moms juga menghormati orangtua Moms sendiri.

2. Jangan Membedakan

Kalau Moms sedang jalan-jalan dan ingin membelikan oleh-oleh untuk orang terdekat biasanya siapa dulu yang diingat? Pasti orangtua. Tapi saat sedang menikah, ada baiknya Moms juga mulai merasakan bahwa mertua juga bagian dari orangtua Moms.

Jangan membedakan perlakuan Moms dengan orangtua kandung dan mertua. Mereka sama-sama ingin dihormati, mereka juga sama-sama ingin diperhatikan. Jadi cobalah bersikap adil.

Baca Juga : Menghadapi Mertua yang Suka Ikut Campur

3. Intens Komunikasi

Sebenarnya saat Moms sudah menikah dan tinggal serumah dengan suami, dari pihak mertua yang dimana mereka adalah orangtua dari pasangan Moms akan ada rasa cemburu atau bahkan takut perhatian suami Moms akan sepenuhnya tercurah untuk Moms, sehingga kasih sayang dan perhatian suami Moms terhadap orangtuanya akan memudar.

Hilangkan kecemasan tersebut dengan menjaga komunikasi agar tetap intens. Ingatkan juga suami Moms untuk tetap menjalin komunikasi dengan mereka lewat telepon atau video call jika tidak memungkinkan bertemu langsung.

4. Apa Adanya

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya Moms. Begitupun saat berusaha menjalin hubungan baik dengan mertua.

Jangan karena Moms ingin diberi gelar menantu idaman, lantas Moms menjadi orang yang selalu berpura-pura bahkan terkesan berlebihan dan banyak basa-basi. Selama Moms sopan dalam bertutur kata dan menghindari hal-hal yang memunculkan konflik dengan mertua sepertinya itu sudah cukup.

Apakah Moms sempat merasa kesulitan saat pertama kali beradaptasi dengan mertua? Bagaimana mengatasinya? Yuk coba sharing dengan Moms yang lainnya, siapa tahu bisa jadi inspirasi Moms yang lainnya.

(LMF) 

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait