KEHAMILAN
12 Agustus 2019

4 Tips Perawatan Kecantikan Saat Menjalani Program Hamil

Pentingnya perawatan kecantikan yang aman saat program hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Bagi banyak perempuan, menjaga penampilan dan kecantikan adalah hal yang penting. Termasuk saat Moms sedang menjalani program hamil yang terkadang begitu panjang dan melelahkan.

Tahukah Moms? Perawatan kecantikan saat program hamil serta produk kecantikan yang Moms gunakan ternyata dapat mempengaruhi kesuburan maupun janin kelak.

Berdasarkan berbagai hasil studi yang diterbitkan di sejumlah jurnal medis, banyak bahan baku dalam produk perawatan kulit dan produk kebersihan tubuh mengandung senyawa kimia perfluorinasi (PFC) tingkat tinggi.

Dikutip dari situs web Natural Fertility Info, kontak dengan PFC dapat menyebabkan berbagai masalah kesuburan.

Salah satu studi oleh Chunyuan Fei, peneliti dari UCLA, menyatakan bahwa perempuan yang memiliki kadar PFC di atas normal memperlihatkan risiko infertilitas 60-154% lebih tinggi dibandingkan perempuan lainnya.

Produk-produk perawatan kulit saat ini dirancang untuk dapat diserap oleh kulit seefektif mungkin.

Berbagai kandungan di dalamnya pun ikut masuk ke dalam tubuh hingga ke sel dan aliran darah, sehingga berpotensi menciptakan kekacauan.

Agar ritual merawat kecantikan tidak mengganggu kesuburan Moms, simak tips perawatan kecantikan saat program hamil berikut.

1. Pilih Produk Natural

Tips perawatan 2

Foto: scstylecaster.com

Calon bumil dianjurkan memilih produk kecantikan natural atau yang tidak mengandung banyak senyawa kimia berbahaya seperti accutane (isotretinoin), tetrasilin, asam salisilat tropikal, dibutyl phthalate (DBP), formaldehida, toluen, dan benzoil peroksida.

Kim Walls, CEO Episencial menyarankan calon bumil maupun bumil untuk juga menghindari produk yang mengandung paraben, pewangi, dan petroleum.

Pastikan Moms membaca label kemasan produk sebelum membelinya.

Produk kecantikan alami biasanya disimpan dalam botol kaca berwarna gelap dan memiliki umur simpan yang lebih pendek dibandingkan produk lain.

Baca juga : 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

2. Pilih Produk Organik

t

Foto: iamcountryside.com

Memilih produk organik juga merupakan langkah bijaksana untuk perawatan kecantikan saat program hamil.

Bila Moms tertarik menggunakan produk kecantikan organik, pilih yang tidak memiliki kandungan retinol, vitamin A, atau asam salisilat.

Dikutip dari situs parents.com, ketiga produk tersebut diketahui dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

3. Pilih Produk yang Sesuai dengan Tipe Kulit

4

Foto: pexels.com

Langkah ini sebenarnya tidak terbatas pada perawatan kecantikan saat program hamil saja. Memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit akan membantu meminimalisir timbulnya keluhan atau masalah pada kulit.

Bila kulit Moms tergolong berminyak, misalnya, pilihlah produk-produk oil-free dan gunakan kertas minyak.

Sementara, untuk tipe kulit kering, Moms dapat menggunakan produk eksfoliasi, pelembap, dan pembersih wajah yang ringan.

Baca juga : 10 Komentar Paling Menyebalkan yang Kita Dengar saat Program Hamil

4. Gunakan Kosmetik yang ‘Ringan’

tips

Foto: myhaircare.com.au

Perubahan hormonal pada saat hamil dapat memicu keluhan pada kulit, seperti kulit berwarna kemerahan, bernoda, atau terlihat bengkak.

Oleh karena itu, Moms sebaiknya menggunakan kosmetik yang tidak terlalu membebani kulit. Misalnya, alih-alih menggunakan pelembap, Moms cukup mengaplikasikan concealer atau bedak.

Contoh lainnya, Moms bisa gunakan lip tint daripada lip matte atau liquid lipstick.

Jadi Moms tidak usah khawatir, selama program hamil masih tetap bisa cantik kok!

(AN/CAR)

Artikel Terkait