JALAN-JALAN
19 Februari 2019

4 Tips Traveling Menggunakan Pesawat untuk Anak dengan Autisme

Selalu siapkan keperluannya ya Moms agar nyaman naik pesawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagai seorang penumpang biasa dengan kesehatan mental yang baik, pastinya pernah merasakan kecemasan saat ada di dalam penerbangan atau di bandara.

Hal ini sangat wajar karena memang penerbangan dapat membuat penumpangnya cemas, walaupun sering disebut kalau pesawat adalah transportasi paling aman.

Tetapi, apa jadinya kalau Moms bepergian bersama anak yang punya kebutuhan khusus, seperti autisme?

Kalau pesawat menjadi transportasi yang nyaman untuk Moms pilih, maka simak terlebih dahulu tips traveling dengan anak autisme menggunakan pesawat yuk Moms!

1. Persiapan Matang

helping children with autism a

Menurut penuturan Rebecca Landa, Ph.D, selaku Direktur Pusat Autisme dan Gangguan Terkait di Kennedy Krieger Institute di Baltimore, Maryland, mengatakan bahwa anak-anak dengan autisme adalah pendeteksi stres. 

Anak autisme bisa merasakan stres orang lain dan bereaksi atas perilaku yang dianggapnya gangguan.

Maka dari itu, ia menyarankan kalau sebaiknya Moms benar-benar melakukan persiapan matang saat akan traveling dengan anak autisme.

Persiapan itu bisa dimulai dari memilih maskapai yang nyaman, posisi duduk kursi di dalam kabin pesawat, pemilihan destinasi yang ramah anak autisme, sampai membuat jadwal yang fleksibel dan tidak tergesa-gesa.

Baca Juga: Mengenali Gejala Autisme Pada Bayi

2. Melakukan Latihan

autism symptoms children autistic child fits san diego

Ada program latihan yang dibuat oleh Wing’s Arc saat Moms akan traveling dengan anak autisme. Pada program ini, biasanya Moms akan melakukan latihan bersama anak autisme di bandara sebelum penerbangan.

Namun jika tidak mengikuti program latihan ini, Moms juga bisa meminta prioritas saat akan naik pesawat dengan anak autisme.

Moms bisa memberitahukan kepada petugas maskapai kalau Moms akan pergi dengan anak berkebutuhan khusus.

3. Cetak dan Isi Kartu Pemberitahuan ke TSA

maxresdefault

Melansir dari laman offspring.lifehacker.com, ada cerita dari Angie Solis, seorang Ibu dengan anak berkebutuhan khusus mengatakan jika traveling dengan anak autisme akan lebih mudah ketika kita terlebih dahulu menghubungi TSA (Transportation Security Administration).

Moms bisa menghubungi TSA Cares tiga hari sebelum Moms naik pesawat dengan anak autisme. Petugas dari TSA Cares akan membantu Moms dan Si Kecil selama berada di bandara dan di dalam pesawat.

Baca Juga: 7 Tips Mengasuh Anak dengan Autisme

4. Bawa Keperluan Anak ke Dalam Kabin Pesawat

8 things to never assume about autism

Selalu persiapkan barang apa saja yang diperlukan Moms saat traveling dengan anak autisme. Misalnya, jika Si Kecil sensitif dengan suara keras, selalu pastikan Moms membawa headphone peredam bising.

Atau Moms juga bisa membawa makanan kesukaannya, agar sewaktu-waktu dia merasa bosan atau stres, Moms bisa menenangkannya dengan baik.

Selamat bepergian ya, Moms!

(IRN)

Artikel Terkait