BAYI
15 Juli 2020

4 Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Jangan sampai salah titik ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan rahasia lagi, pijat refleksi adalah terapi yang dapat meningkatkan kenyamanan tubuh bayi. Banyak ahli yang merekomendasikan Moms mempelajari pijat sederhana, atau memanggil terapis khusus, untuk memperlancar pencernaan, dan membuatnya dapat tidur nyenyak.

Lebih dari itu, ketika Moms memijat bayi, ada rasa aman dan bonding yang sedang dibangun.

Penting pula untuk memahami titik pijat bayi, sehingga pijatan aman dan efektif untuk digunakan menangani suatu masalah bayi. Misalnya untuk menenangkan keluhan pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Titik-titik ini dapat dipelajari dari ilmu akupresur, yang pada dasarnya adalah metode mengirim sinyal ke tubuh untuk "menghidupkan" penyembuhan sendiri, demikian dikutip dari laman Universitas California Los Angeles.

Biasanya, Qi (energi vital) bersirkulasi melalui jalur alami dalam tubuh yang disebut meridian. Penyumbatan aliran ini atau ketidakseimbangan dalam Yin dan Yang dapat menyebabkan penyakit dan rasa sakit. Akupresur membantu memperbaiki ketidakseimbangan fungsional dan mengembalikan aliran sehingga mengembalikan tubuh ke kondisi kesejahteraan yang lebih alami.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Hasil penelitian di Universitas Bozok, Turki, 2019 pun menunjukkan akupresur efektif dalam menghilangkan gejala penyakit pernapasan, meningkatkan saturasi oksigen.

Para pengkaji studi itu merekomendasikan terapi pijat harus diintegrasikan ke dalam praktik asuhan keperawatan, dan perawat harus dilatih dengan pendidikan dalam program layanan yang berkelanjutan.

Cara Akupresur Titik Pijat Bayi

X Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Foto: Orami Photo Stock

Tips dari organisasi kesehatan nirlaba Inter Mountain Healthcare, akupresur dapat dilakukan saat mandi, atau sesi khusus, sebelum menyusui, atau mempersiapkan anak untuk tidur.

Akupresur dapat digunakan di rumah, maupun saat bepergian, untuk membantu mencegah gejala penyakit tertentu.

Akupresur dapat dilakukan 1-3 kali sehari pada bayi, tetapi tidak boleh dilakukan lebih dari 15 menit.

Cara pijat titik akupresur adalah menyentuh dengan lembut dalam gerakan melingkar kecil. Jangan menghabiskan lebih dari 30 detik pada satu titik tekanan.

Titik Pijat Bayi yang Direkomendasikan

Berikut sejumlah titik pijat bayi yang direkomendasikan dari Inter Mountain Healthcare.

1. Titik Pijat Meredakan Pusing

X Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Foto: brightside

Titik akupresurnya diberi kode LV3, kependekan dari Liver 3 (Tai Chong). Ini dianggap sebagai titik penyembuhan satu atap untuk banyak masalah bersama.

Lokasinya merupakan daerah berdaging, simpul pertemuan antara tulang jempol kaki dan telunjuk kaki.

Memijat bayi di titik ini membantu mengobati sakit kepala, pusing dan vertigo, insomnia, kongesti, sakit mata dan bengkak, serta rewel atau tantrum.

Baca Juga: Anak Mual Setelah Pijat Bayi, Apa Penyebabnya?

2. Titik Pijat Bayi Meredakan Hidung Tersumbat

X Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Foto: dreamstime

Dengan kode Usus Besar 4 (He Gu), lokasinya berada dalam daerah berdaging antara jari telunjuk dan ibu jari tangan.

Akupresur di titik ini diyakini membantu mengobati sakit leher, sumbatan hidung, sakit gigi, sakit tenggorokan, sakit tubuh, masalah pernapasan, pusing, pilek, demam, dan sakit lengan, sakit perut, dan sembelit.

3. Titik Pijat Memperlancar Peredaran Darah Bayi

X Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Foto: jmsr.eg.net

Dengan kode Limpa 6 (San Yin Jiao), untuk menemukan lokasinya, raba sekitar tiga ruas jari dari pergelangan kaki bagian dalam.

Memijat di titik ini, dapat membantu mengobati masalah pencernaan, penyakit kulit, insomnia, sakit kepala, pusing, dan nyeri bagian bawah tubuh.

Dalam Pengobatan Timur, gerakan ini disebut memperkuat limpa dan mengubah lembab; menyebar Qi Hati (nyeri perut, dismenore); bermanfaat bagi ginjal; dan mendukung serta mengencangkan darah.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Bayi, Yuk Kenali!

4. Titik Pijat Bayi Mengurangi Sembelit

X Titik Pijat Bayi dan Manfaatnya

Foto: Non-Stop Healthy

Dengan kode Perut 36 (Zu San Li), memijat di titi ini juga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kekuatan seluruh tubuh.

Lokasinya, ada di bawah termpurung lutut. Cara mencari titiknya, dengan menjejerkan empat jari ke bawah, lalu, satu jari melebar ke arah tulang kering.

Pijat di sini membantu mengobati sembelit, nyeri lambung, muntah, cegukan, diare, dan nyeri kaki.

Dalam pengobatan timur, diyakini gerakan ini memperbaiki fungsi lambung dan limpa (nyeri lambung, muntah, diare), menyelaraskan usus dan menyebarkan stagnasi (sembelit dan diare), menguatkan Qi dan darah (memperkuat kondisi lemah-pusing akut/kronis dan kelelahan), menghilangkan patogen dan mencegah penyakit, dan kursus angin dan transformasi lembap.

Baca Juga: 4 Jenis Minyak untuk Pijat Bayi, Mampu Tingkatkan Bonding dengan Si Kecil

Itulah 4 titik pijat bayi yang bisa Moms terapkan di rumah, selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait