PARENTING
8 Agustus 2017

4 Trik Agar Anak Mengurangi Makan Junk Food

Meski enak, jangan sampai anak keterusan makan junkfood ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Junk food memang sangat menggugah selera. Ditambah dengan tampilannya yang sangat menggoda, seakan minta untuk dilahap saat itu juga.

Tentu saja junk food menjadi sangat menarik bagi anak-anak. Namun kalau terlalu banyak makan junk food juga bahaya, lho. Nah, cara berhenti mengonsumsi panganan lezat ini jadi PR untuk Mama.

Nafsu makan anak memang sering membingungkan. Kadang mau makan sayur, tapi juga sering menolak. Cara termudah biar mau makan, ya dengan membeli junk food, seperti burger atau kentang goreng.

Memang sih cara seperti diatas ampuh untuk membuat anak makan, tapi Mama juga harus memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Jangan asal si kecil mau makan, makanan itu juga yang diberikan.

Bagaimana caranya agar si kecil berhenti atau mengurangi makan junk food? Berikut beberapa trik yang bisa Mama ikuti!

1. Ajak belanja

ajak belanja anak

Yap, cara pertama untuk membuat si kecil mengurangi konsumsi junkfood adalah dengan mengajaknya belanja bahan makanan. Ikut sertakan ia dalam memilih makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Kalau anak terlihat tidak tertarik, Mama bisa memberinya dua pilihan buah dengan warna kontras. Misalnya, pisang atau stroberi. Pelan-pelan beritahu dia tentang pentingnya makan buah dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2. Masak bersama

masak bersama

Jangan sepelekan kegiatan masak bersama. Ini sangat baik untuk membangun kerjasama dan meningkatkan rasa ingin tahu si kecil, apalagi terhadap hal baru. Libatkan dia dalam memilih makanan yang akan diolah. Misalnya, "Kamu mau makan malam capcay atau salad buah?". Pastikan dua pilihan makanannya yang sehat ya, Ma.

Baca Juga : Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

3. Pemilihan topik pembicaraan

pemilihan topik pembicaraan

Usahakan tidak membicarakan tentang kebiasaan makan atau keinginan Mama untuk menurunkan berat badan di depan anak. Daripada fokus berat badan, lebih baik bicarakan tentang makanan sehat tapi tetap enak disantap.

4. Cheating day!

cheating day!

Dalam satu minggu, berikan satu atau dua hari untuk si kecil cheating. Ini berguna untuk menjaga agar ia tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sesekali jajan popcorn atau es krim juga tidak jadi masalah.

Empat hal tadi adalah cara agar si kecil bisa mengalihkan perhatian dari junk food ke makanan yang lebih sehat. Ingat, Mama jangan terlalu memaksa, ya.

(ICA)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait